Purwokerto (ANTARA) - Sentra Halal Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mendukung penuh perkembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Banyumas dengan memberikan pelatihan penyusunan sistem jaminan halal dan penyelia halal.

Kegiatan yang dihadiri Rektor UMP Dr Jebul Suroso secara virtual, Wakil Rektor IV Dr Anwar Ma'ruf, dan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Banyumas (Aspikmas) Pujianto serta diikuti pelaku UMKM itu digelar pada hari Kamis (16/12).

Dalam sambutannya, Rektor UMP Dr Jebul Suroso berkomitmen dan siap mendukung penuh pelaku UMKM untuk mendapatkan sertifikasi halal.

"UMP Insya Allah berkomitmen untuk support penuh terkait dengan penyelenggaraan halal center, pendampingan edukasi, dan juga mudah-mudahan diproses sertifikasi halal khususnya bagi teman-teman pengelola UMKM yang ada di Wilayah Banyumas dan sekitarnya. UMP akan menjadi rumah UMKM," katanya. 

Oleh karena itu, kata dia, komitmen UMP adalah menyiapkan UMKM serta menyiapkan para pengusaha dan produknya untuk tersertifikasi halal.

"Setidaknya kita semua paham bahwa halal itu penting dan kita perlu menyediakan yang halal bagi masyarakat," katanya.

Ketua Sentra Halal UMP Dr apt Diniatik mengharapkan kegiatan tersebut dapat mengedukasi dan mendampingi pelaku UMKM dalam mengajukan sertifikasi halal

Menurut dia, pelatihan penyelia halal dan penyusunan sistem jaminan produk halal yang sekarang sedang proses terus di Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) karena isu sertifikasi halal beberapa tahun terakhir sedang bergulir.

Baca juga: LSP UMP raih lisensi "Cybersecurity Analyst" dari Badan Siber dan Sandi Negara

"Salah satu syarat pengajuan sertifikasi halal di sini adalah sudah ada penyelia halalnya. Penyelia halal sangat penting karena nanti yang akan melakukan sistem jaminan halal secara internal itu berjalan dengan baik kuncinya di penyelia halal," katanya.

Ia mengatakan pelatihan tersebut diikuti oleh UMKM sebagai pelaku usaha serta beberapa internal UMP yang akan menambah barisan di Sentra Halal terutama untuk penyelia halal, sehingga nanti bisa mengedukasi maupun mendampingi UMKM dalam pengajuan sertifikasi halal.

Terkait dengan hal itu, Ketua Umum Aspikmas Pujianto menyampaikan terima kasih kepada UMP yang telah memberikan dukungan dan fasilitas terhadap pelaku UMKM.

"Memang, salah satu kebutuhan UMKM adalah pendampingan legalisasi usaha, yaitu salah satunya adalah pendampingan halal. Pada pagi hari ini teman-teman UMKM sudah difasilitasi oleh Sentra Halal untuk mendapatkan ilmu pengetahuan atau mungkin nanti sampai drafting untuk proses halal," katanya. 

Ia mengharapkan ke depannya pelatihan tersebut dapat benar-benar mengantarkan pelaku UMKM mendapatkan sertifikasi halal karena hingga saat ini masih banyak yang belum mendapatkan label halal dan baru pada tahap produk industri rumah tangga (PIRT)

"Semoga ini menjadi momentum awal lebih besar lagi, untuk lebih banyak lagi kuota forum anggota pelatihan-pelatihan seperti ini," kata Pujianto.(smm)

Baca juga: Galeri Investasi Syariah UMP raih dua prestasi nasional
Baca juga: Fakultas Kedokteran UMP gelar Sumpah Dokter periode ke-7

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024