Kudus (ANTARA) - Anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, didorong untuk ikut membantu dalam penanganan bencana alam karena sebelumnya banyak terjadi bencana alam di daerah setempat, kata Bupati Kudus Hartopo.

"Tercatat di beberapa daerah di Kudus mengalami bencana banjir, bahkan ada yang berulang kali mengalami banjir bandang. Untuk itulah, peran linmas sangat diharapkan untuk ikut tanggap bencana alam," ujarnya saat membuka apel dalam pelatihan bagi anggota Satgas Linmas, Satlinmas Air, dan Satlinmas se-Kabupaten Kudus di Balai Desa Ngemplak, Kecamatan Undaan, Senin.

Menurut dia, peran mereka tidak hanya ikut menjaga ketertiban dalam masyarakat, tetapi juga berperan dalam penanganan bencana.

Oleh karena itu, Hartopo menyampaikan perlunya ada peningkatan kapasitas dan kompetensi anggota linmas, sehingga kesempatan ini harus dimanfaatkan dengan baik. Pasalnya, pelatihan ini bermanfaat untuk melatih kesiapsiagaan anggota linmas di lapangan sehingga bisa bekerja dengan optimal.

"Linmas punya peran yang luar biasa, mulai dari kamtibmas hingga kebencanaan perlu dipahami dengan baik sehingga setelah ikut pelatihan ini bisa berperan langsung di masyarakat nantinya," ujarnya.

Baca juga: Jateng kerahkan Satpol PP dan Linmas awasi protokol kesehatan pasar

Hartopo juga mengapresiasi piagam penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri dalam kategori Kedisplinan dan Keaktifan Pelaporan dalam Pelaksanaan Penegakan Protokol Kesehatan COVID-19, yang tertuang dalam SK Nomor 004.1-649 tahun 2021.

Ia mengapresiasi kinerja Satpol PP Kudus yang sudah baik, sedangkan nantinya Satpol PP Kudus akan lebih sigap menjaga ketertiban masyarakat Kudus. Begitu pula linmas Kudus yang terus meningkatkan kapasitas dan kompetensinya.

Baca juga: Pemkot Surakarta libatkan Linmas genjot pariwisata

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024