Semarang (ANTARA) - Penetapan capaian vaksinasi COVID-19 lanjut usia sebagai salah satu indikator penurunan level PPKM di tingkat kabupaten/kota merupakan langkah strategis dalam mengakselerasi pencapaian target vaksinasi kelompok usia tersebut.

"Langkah strategis dalam mengakselerasi pencapaian target sejumlah indikator pengendalian COVID-19 memang sangat diperlukan saat ini. Salah satunya pencapaian target vaksinasi lansia harus disegerakan karena lansia merupakan salah satu kelompok yang rentan terhadap COVID-19," kata Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulis yang diterima di Semarang, Jumat (12/11).

Vaksinasi COVID-19 terhadap lansia dicanangkan sejak Maret 2021, hingga saat ini berdasarkan catatan Kemenkes baru tercapai 43 persen dari sasaran vaksinasi lansia (21,5 juta orang) untuk dosis pertama.

Pemerintah bertekad dosis pertama vaksinasi lansia bisa diberikan tuntas hingga akhir Desember 2021.

Menurut Lestari, konsistensi semangat untuk merealisasikan setiap target yang dibuat memang merupakan upaya yang harus selalu dihidupkan.

Dengan berbekal semangat itu, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, diharapkan mampu melahirkan sejumlah strategi dan langkah-langkah terobosan yang mampu mengatasi kendala yang ada.

Rerie berharap, lebih banyak lagi langkah terobosan yang dilakukan oleh para pemangku kepentingan dalam upaya merealisasikan target vaksinasi lansia di Tanah Air.

Menurut Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, mencegah terpaparnya lansia dari virus corona merupakan langkah yang penting, mengingat berdasarkan catatan Kemenkes, angka kesakitan dan kematian pada warga usia di atas 59 tahun meningkat 6-7 kali lebih tinggi daripada non-lansia, ketika terpapar COVID-19.

Berdasarkan kondisi itu, Rerie berharap, para pemangku kepentingan bisa selalu menempatkan vaksinasi COVID-19 bagi lansia, sebagai bagian kewaspadaan kita dalam mencegah terjadinya lonjakan kasus.

Secara umum, tegas Rerie, upaya untuk melindungi kelompok masyarakat yang rentan terhadap paparan COVID-19 merupakan langkah yang harus segera direalisasikan demi teratasinya situasi pandemi COVID-19 di Tanah Air.***

Pewarta : Zaenal
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024