Purwokerto (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah terus memperkuat strategi pengembangan Kawasan Wisata Dataran Tinggi (KWDT) Dieng sebagai salah satu destinasi unggulan di wilayah setempat.

"Strategi pengembangan Dieng terus diperkuat guna meningkatkan angka kunjungan wisatawan," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Banjarnegara Agung Yusianto ketika dihubungi ANTARA dari Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Jumat.

Dia menjelaskan strategi tersebut meliputi pembuatan peta jalan, penyusunan program inovasi dan kreasi serta menggencarkan kolaborasi dengan berbagai pihak terkait.

"Misalkan saja kami menggunakan model pentahelix yakni berkolaborasi dengan akademisi, media, pebisnis hingga komunitas," katanya.

Selain itu, pihaknya juga terus menggencarkan promosi wisata baik secara konvensional maupun digital.

Dia berharap berbagai upaya yang telah dilakukan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan KWDT Dieng.

Menurutnya, strategi pengembangan pariwisata Dieng berbasis pada pariwisata berkelanjutan dengan tetap memprioritaskan kelestarian alam.

Sementara itu dia juga mengatakan pengembangan sektor pariwisata menjadi salah satu program prioritas di Kabupaten Banjarnegara dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Pengembangan sektor pariwisata menjadi salah satu program prioritas dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Sementara itu seperti diwartakan sebelumnya Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono mengatakan pihaknya terus mengintensifkan program pengembangan Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah dalam memajukan sektor pariwisata di Banjarnegara.

Pihaknya berharap upaya pengembangan tersebut akan membawa dampak yang signifikan dalam meningkatkan angka kunjungan wisatawan dan dapat menjadikan kawasan wisata Dieng agar lebih maju dan unggul.

Terkait hal tersebut pihaknya terus melakukan berbagai upaya, salah satunya adalah melengkapi fasilitas yang ada di Dataran Tinggi Dieng.

Bupati berharap upaya yang telah dilakukan akan menjadikan Dieng sebagai destinasi favorit yang akan dapat menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara.

 

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024