Kudus (ANTARA) -
PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Kudus, Jawa Tengah, menyiagakan sebanyak 25 trafo "mobile" untuk mengantisipasi terjadinya pemadaman listrik selama Hari Raya Idul Fitri akibat gangguan yang terjadi.
 
"Dengan adanya trafo 'mobile' sebanyak itu, maka setiap ada gangguan di salah satu feeder yang berdampak listrik padam, seperti tidak berfungsinya travo dapat diatasi dengan travo 'mobile' ini," kata Manager Bagian Jaringan Listrik UP3 PLN Kudus M. Gati Jayeng Wibowo ditemui di sela-sela gelar pasukan dan peralatan dalam rangka siaga Hari Raya Idul Fitri 2021 UP3 Kudus di lapangan Djarum Kudus di Desa Damaran, Kecamatan Kota, Kudus, Rabu.
 
Ia mengungkapkan puluhan trafo mobile tersebut disiagakan di lima kabupaten, mulai dari Kabupaten Kudus, Pati, Rembang, Jepara dan Blora.
 
Dengan tersedianya trafo "mobile" tersebut, dapat meminimalkan terjadinya pemadaman karena selama proses penggantian travo aliran listrik ke pelanggan masih tetap lancar.

Baca juga: PLN pasang listrik gratis bagi keluarga prasejahtera di Solo
 
PLN UP3 Kudus juga menyiagakan Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKP) yang bisa memelihara jaringan kabel listrik tanpa padam sebanyak tujuh orang untuk setiap tim.
 
Selain itu, kata dia, tersedia pula mobil crane dengan sentuh langsung maupun berjarak masing-masing satu unit.
 
Jumlah personel yang disiagakan yang tersebar di delapan PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP), berjumlah 374 personel dengan mobil operasional pelayanan teknik sebanyak 31 unit dan 24 motor reaksi cepat, dan didukung lima unit mobil crane.
 
"Kami juga menyiapkan 31 pos jaga yang tersebar di lima kabupaten," ujarnya.
 
Dengan adanya gelar pasukan dan peralatan siaga keandalan pasokan listrik, guna memastikan kesiapan mereka menghadapi berbagai macam gangguan selama Lebaran guna meminimalkan potensi terjadinya gangguan yang berdampak listrik padam.
 
Untuk itulah, PLN menyiagakan petugas selama 24 jam dan siap dihubungi setiap saat yang dimulai sejak 5 Mei 2021 hingga H+7 Lebaran melalui gelar pasukan. 

Baca juga: PLN Pekalongan optimistis jaga ketersediaan pasokan listrik Lebaran
Baca juga: Terbaru, pelanggan bisa cek estimasi tagihan listrik di PLN Mobile

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024