Solo (ANTARA) - PT PLN (Persero) melakukan pemasangan listrik berdaya 450 VA secara gratis untuk keluarga prasejahtera di Kota Solo.

"Ini merupakan bagian dari program Ramadhan Berbagi, kami melakukan pemasangan listrik untuk warga yang tidak mampu," kata General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan DIY M Irwansyah Putra di Solo, Kamis.

Untuk kegiatan "Program Ramadhan Berbagi Penyambungan Listrik Gratis" dari PLN tersebut dipusatkan di Pasar Kliwon Solo.

Ia mengatakan pada program tersebut ada sebanyak 40 rumah yang menerima sambungan listrik tersebut dan 10 rumah ibadah. Menurut dia, penggratisan tersebut hanya berlaku untuk pemasangan, sedangkan untuk tarif bulanan para penerima bantuan ini dikenakan tarif normal.

Meski demikian, sebelum memberikan bantuan tersebut pihaknya melakukan survei terlebih dahulu untuk memastikan bantuan tepat sasaran. Selain melakukan pemasangan listrik secara gratis kepada keluarga prasejahtera, pihaknya juga memberikan subsidi kepada para pelanggan 450 VA dan 750 VA.

"Untuk program subsidi mulai bulan April cukup membayar 50 persen untuk pelanggan 450 VA dan pelanggan 900 VA bayar 75 persen," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengapresiasi program dari PLN tersebut.

"Terima kasih kepada PLN yang sudah memberikan bantuan ini," katanya.

Ia juga berharap agar setiap kecamatan dan kelurahan dapat mendata keluarga kurang mampu untuk mendapatkan program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari pemerintah.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024