Temanggung, Jateng (ANTARA) - Menjelang simulasi pembelajaran tatap muka (PTM) sekitar 500 guru dan tenaga kependidikan di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menjalani vaksinasi COVID-19.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung Khabib Mualim di Temanggung, Kamis, mengatakan vaksinasi guru dan tenaga kependidikan dilakukan di lima titik, yakni SMKN 1 Temanggung, SMPN 2 Temanggung, SMAN 1 Parakan, MAN Temanggung dan MTsN Parakan.

"Pelaksanaan vaksniasi di satuan pendidikan ini dilakukan atas permintaan Dinas Pendidikan dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, dari Dinas Pendidikan ada tiga satuan pendidikan dan dan Kantor Kemenag ada dua satuan pendidikan," katanya saat memantau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di SMKN 1 Temanggung.

Baca juga: Vaksinasi guru dan staf pendukung jadi syarat mutlak pembelajaran tatap muka
Baca juga: PTM di Boyolali syaratkan guru sudah divaksin dua kali

Khabib menyebutkan setiap satuan pendidikan kurang lebih ada 100 orang yang mendapatkan vaksinasi, mulai dari guru, karyawan, tenaga kebersihan, dan tenaga lainnya yang terlibat dalam penyelenggaraan pendidikan.

"Jadi tidak hanya guru atau pengajar saja, tetapi semua yang terlibat di sekolah menjalani vaksin," katanya.

Menurut dia pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di lingkungan pendidikan di Kabupaten Temanggung merupakan salah satu bentuk dukungan Pemkab Temanggung terkait dengan akan dilakukan uji coba PTM di lima sekolah tersebut.

"Kami memfasilitasi pihak sekolah untuk melengkapi syarat akan dilaksanakannya PTM," katanya.

Ia menuturkan pelaksanaan vaksinasi memang dilakukan di sekolah masing-masing untuk mendekatkan pelayanan. Pelaksanaan vaksinasi dosis kedua nanti juga akan dilakukan di tempat yang sama.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana Prasarana SMKN 1 Temanggung Karyadi Nugroho mengatakan sebanyak 145 tenaga kependidikan di SMKN 1 Temanggung sudah masuk dalam daftar penerima vaksin COVID-19, namun ada salah satu tenaga pendidik yang sedang mengambil cuti.

Ia menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Temanggung sudah memfasilitasi SMKN 1 untuk pelaksanaan vaksinasi COVID-19 ini sebagai salah satu persiapan menjelang uji coba PTM.

Menurut dia persiapan pembelajaran tatap muka lainnya sudah dilakukan, mulai dari penyediaan tempat cuci tangan, handsanitezer dan perlengkapan lainnya.

"Kami akan melaksanakan amanah dari Pemerintah Provinsi untuk pelaksanaan PTM, vaksin COVID-19 yang kami terima ini melengkapi persayaratan untuk PMK," demikian Karyadi Nugroho.

Baca juga: Guru di Kudus divaksin COVID-19 jelang pembelajaran tatap muka
Baca juga: 8.500 guru dan tenaga kependidikan di Cilacap segera divaksin

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024