Purwokerto (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, segera melaksanakan vaksinasi COVID-19 tahap kedua untuk meningkatkan kekebalan komunitas.

"Mulai besok (23/2) akan dilaksanakan vaksinasi COVID-19 tahap kedua di Banyumas dengan sasaran kelompok pelayanan publik," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas Sadiyanto kepada wartawan di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Senin.

Menurut dia, kelompok pelayanan publik yang akan menerima vaksin COVID-19 pada tahap kedua di antaranya anggota TNI/Polri, pedagang pasar, dan tokoh agama.

Terkait dengan hal itu, pihaknya pada Senin, pukul 11.00 WIB, telah menerima vaksin COVID-19 sebanyak 12.750 dosis untuk 6.375 sasaran.

"Setiap orang akan mendapatkan vaksin sebanyak dua kali dan diberikan dalam rentang waktu selama dua pekan," katanya.

Baca juga: Dinkes Cilacap siapkan data calon penerima vaksin COVID-19 tahap kedua

Dia mengakui jumlah vaksin COVID-19 tahap kedua yang diterima untuk termin pertama tersebut baru sebesar 11 persen dari usulan yang mencapai kisaran 59.000 orang.

Pihaknya belum mengetahui kapan pasokan vaksin COVID-19 untuk Kabupaten Banyumas kembali datang.

Sebelumnya, Bupati Banyumas Achmad Husein meminta seluruh masyarakat  setempat ikut serta menyukseskan program vaksinasi COVID-19 agar kekebalan komunitas terhadap virus corona dapat tercapai.

"Tolong semuanya, kalau ada kesempatan (untuk divaksin COVID-19, red.) dan memang itu sudah bisa dilakukan untuk semuanya bisa ikut vaksin, karena itu sangat menurunkan tingkat kematian dan juga penyebaran positif COVID-19," katanya. 

Baca juga: Ganjar siapkan skenario distribusi vaksin COVID-19 tahap kedua
Baca juga: Jawa Tengah mulai vaksinasi COVID-19 tahap kedua

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024