Solo (ANTARA) -
Perusahaan teknologi rintisan TaniHub Group menggandeng salah satu usaha kuliner Wong Solo Group memasok hasil tani yang dibutuhkan sebagai bahan baku di salah satu anak usaha Makanku.

"Pada intinya melalui kerja sama ini kami berupaya membantu petani lokal agar produk mereka bisa disalurkan ke jaringan usaha Wong Solo," kata CEO dan Co-founder TaniHub Group Ivan Arie Sustiawan di sela penandatanganan nota kesepahaman di Restoran Makanku di Solo, Selasa.

Ia mengatakan dengan banyaknya cabang yang dimiliki oleh Wong Solo Group, diharapkan petani terbantu karena hasil panen mereka seperti buah, sayur, dan padi bisa langsung tersalurkan.

Menurut dia, sejauh ini TaniHub masih akan fokus di jaringan usaha Wong Solo Group yang ada di dalam negeri. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan ke depan akan merambah ke cabang yang ada di luar negeri.

"Mengenai kerja sama ini kami 'nggak' bicara angka, yang penting terjalin sinergi dulu. Saat ini kami masih menjajaki kebutuhannya apa saja," katanya.

Sementara itu, pemilik Wong Solo Group Puspo Wardoyo sangat menyambut baik kerja sama tersebut karena bahan baku yang disediakan berkualitas tinggi, harganya lebih murah, dan proses pembayarannya fleksibel.

"TaniHub akan menyediakan bahan pokok yang lebih murah, fleksibel. Nanti dipasok semua sesuai dengan MoU (nota kesepahaman), yaitu penyediaan bahan baku yang dibutuhkan Makanku. Ini sebagai 'pilot project' dulu," katanya.

Ia mengatakan saat ini kapasitas produksi Makanku di kisaran 5.000 pak dan pada tahun depan diharapkan bisa meningkat hingga 20.000 pak/produksi.

Mengenai Makanku sendiri, merupakan produk terobosan Puspo yang menghadirkan makanan lokal siap saji dengan sistem diawetkan hingga 1-2 tahun. Beberapa menu yang disediakan oleh Makanku di antaranya rendang, gulai ikan, dan gudeg.

"Ini makanan masih langka, sejauh ini saya lebih banyak ambil segmen yang instansi," katanya.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Immanuel Citra Senjaya
Copyright © ANTARA 2024