Semarang (ANTARA) - Bank Jateng Cabang Koordinator Surakarta mendukung Korem 074/Warastratama dalam melakukan pencegahan COVID-19 yang memproduksi face shield dan alat cuci tangan tanpa menyentuh alat guna melindungi diri dan memutus rantai penyebaran virus COVID-19. 

Danrem 074/Warastratama Brigjen TNI Rafael Granada Baay dan Pimpinan Bank Jateng Cabang Koordinator Surakarta Djaka Nur Sahid terjun langsung dalam peninjauan proses produksi face shield di Denpal IV /4 Surakarta, Rabu (29/4).

"Pandemi corona yang sedang terjadi saat ini memang sangat memprihatinkan, kebetulan kami memiliki personil prajurit, ide, dan kemampuan sehingga munculah kreativitas untuk membuat face shield ini untuk membantu rumah sakit dan instansi pemerintah," kata Danrem Rafael.  

Ide untuk memproduksi face shield dan alat cuci tangan dari Korem 074/Warastratama disambut baik Pemimpin Bank Jateng Cabang Koordinator Surakarta Djaka Nur Sahid.

"Bank Jateng Surakarta sangat bangga bisa bergabung dengan Korem 074/Wrt dalam kegiatan produksi face shield guna menangani wabah COVID-19 dan setelah kami lihat langsung bagaimana proses pembuatan face shield dan alat cuci tangan tersebut, untuk Bank Jateng Peduli pada tahap awal Bank Jateng Surakarta memesan 1.000 unit face shield dan 50 unit alat pencuci tangan yang nantinya akan kami distribusikan ke rumah sakit terutama rumah sakit yang diberikan wewenang menangani COVID-19," kata Djaka Nur Sahid.

Baca juga: Bank Jateng berikan APD kepada RSUD Kraton Kabupatan Pekalongan

Untuk alat pencuci tangan, lanjut Djaka, sudah sampai tahap finishing dan nantinya sebagian akan di pasang di sejumlah fasilitas umum. 

"Wastafel modifikasinya unik, untuk mengucurkan air tidak perlu pakai tangan, cukup dengan menginjak pedal di bagian kiri bawah dan untuk mengeluarkan sabun cukup menginjak pedal bagian kanan bawah," tambahnya. 

Danrem 074/Warastratama menambahkan, Korem 074/Wrt juga membuat dapur umum yang siap mendistribusikan paket nasi kotak siap saji sebanyak 1.000 kotak untuk buka puasa dan sahur setiap hari kepada warga tak mampu yang terdampak COVID-19 dan mendapat support dari Bank Jateng sebesar Rp10 juta dengan pendistribusian dilaksanakan oleh Babinsa, Babhinkamtibnas, dan RT wilayah setempat diawasi oleh Danramil dan Kapolsek setempat agar tepat sasaran.

"Semoga segala bantuan yang diberikan bisa bermanfaat bagi masyarakat dan untuk masyarakat sendiri diharapkan tetap berhati-hati, selalu menjaga kesehatan, dan selalu berdoa agar selalu diberi kekuatan dalam menghadapi pandemi virus corona seperti ini," tutup Djaka Nur Sahid.

Baca juga: GKJ raih Mitsubishi Xpander hadiah undian Tabungan Bima Bank Jateng

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024