Solo (ANTARA) - Anggota polisi wanita (Polwan) Polres Kota Surakarta Jawa Tengah mengenakan pakaian adat melakukan kegiatan bakti sosial (baksos) dalam rangka memperingati Hari Kartini dengan membagikan alat pelindung diri (APD) dan paket sembako kepada masyarakat terdampak pandemi COVID-19.

Para anggota Polwan tersebut dengan mengenakan pakaian adat membawa paket sembako memberikan kepada tukang becak dan warga yang kurang mampu dampak pandemi COVID-19 yang sedang melintas depan Mako 1 Polresta Surakarta Jalan Adi Sucipto Solo, Selasa.

Menurut Kepala Bagian Sumber Daya (Sumda) Polresta Surakarta Kompol Sis Raniwati Seratusan anggota Polwan bertepatan dengan Hari Kartini pada 21 April ini, bergabung kegiatan bakti sosial membagikan paket sembako dan APD kepada masyarakat terdampak COVID-19 di kawasan Mako 1 Polresta Surakarta.

Menurut Sis Raniwari RA Kartini keteladanannya harus ditiru yakni mampu mengangkat derajat kaum wanita menjadi sama dengan laki-laki.

"Dengan semangat Kartini ini, kami sebagai Polwan optimistis ikut mendukung percepatan penanganan wabah COVID-19, dengan memberikan sosialisasi pola hidup sehat, APD, dan paket sembako kepada masyarakat yang kurang mampu," kata Sis Raniwati.

Pihaknya memberikan masker kepada masyarakat yang melintas di Jalan Adi Sucipto Manahan Solo atau depan Mako 1 Polresta Surakarta dan paket sembako berisi beras, minyak goreng, gula, teh, dan mie instan.

Pada Kegiatan Baksos pembagian paket sembako dan APD tersebut dengan mengerahkan 115 anggota Polwan di lima titik, yakni Mako 1 Polresta Surakarta Jalan Adi Sucipto, Mako 2 depan Lantas di Slamet Riyadi, Polsek Jebres, Polsek Serengan, Polsek Pasar Kliwon dan Laweyan.

Kepala Polres Kota Surakarta Kombes Pol Andy Rifai mengatakan Polresta Surakarta kembali membagikan paket sembako kepada masyarakat terdampak COVID-19, tetapi hari ini spesial khusus Polwan bertepatan dalam memperingati Hari Kartini.

Para Polwan semua turun untuk bisa berbagi dengan masyarakat yang membutuhkan di tengah pandemi COVID-19. Mudah-mudah apa yang dilakukan anggota Polwan tersebut dapat membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak wabah," kata Kapolres.

Baksos dengan membagikan paket dan APD tersebut, kata Kapolres, anggaran dari anggota Polresta Surakarta dan sebagian dari masyarakat termasuk siswa yang menyumbangkan melalui kepolisian Solo.

Kapolres berharap semoga pandemi COVID-19 ini segera berlalu, sehingga bisa beraktivitas seperti semula, dan selalu berupaya menyampaikan kepada masyarakat jangan panik dan tenang. Namun, masyarakat tetap mengikuti apa yang menjadi imbauan pemerintah untuk selalu menjaga kesehatan, tidak berkurumun dan tinggal di rumah saja.

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024