Purwokerto (ANTARA) - Dua program studi (prodi) yang ada di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mendapatkan akreditasi B dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes).

"Peringkat akreditasi B ini dibuktikan dengan turunnya Surat Keputusan Nomor 0048/LAM-PTKes/Akr/Sar/II/2020 untuk Prodi Pendidikan Dokter dan 0049/LAM-PTKes/Akr/Pro/II/2020 untuk Prodi Profesi Dokter," kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerja Sama UMP Dr. Jebul Suroso di Purwokerto, Rabu.

Ia mengatakan dalam dua surat keputusan yang berlaku selama lima tahun itu disebutkan bahwa Prodi Pendidikan Dokter Program Sarjana UMP berstatus terakreditasi dengan nilai 338 atau peringkat baik, sedangkan Prodi Profesi Dokter Program Profesi UMP terakreditasi dengan nilai 339 atau peringkat baik.

Baca juga: Cegah penularan Covid-19, akademisi Fikes UMP ajak masyarakat lakukan PHBS

Menurut dia, pencapaian skor akreditasi B tersebut tidak lepas dari prestasi-prestasi yang diperoleh dosen maupun mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) UMP.

"Alhamdulillah, ini sebuah keberhasilan yang tentu saja merupakan hasil bersama, hasil kerja keras semua rekan-rekan di FK UMP dan semua pihak yang terlibat. Tentunya, ini merupakan sebuah prestasi yang membanggakan, wujud persembahan atas kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat kepada FK UMP," ujarnya.

Sementara itu, Rektor UMP Dr. Anjar Nugroho mengatakan UMP saat ini menjadi kampus terbaik kelima dari seluruh Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) di Indonesia.

Dengan keberhasilan tersebut, kata dia, pihaknya tidak akan berhenti berusaha menjadi yang lebih baik. 

Baca juga: Prodi Teknologi Laboratorium Medik UMP raih akreditasi B

Oleh karena itu, lanjut dia, berbagai peningkatan kualitas akan terus dilakukan agar mencapai target akreditasi yang lebih tinggi.

"Saat ini, UMP memiliki lebih dari 43 program studi yang tersebar di 12 fakultas dan Pascasarjana. Dari jumlah prodi sebanyak itu, enam prodi di antaranya sudah terakreditasi A, sedangkan lainnya memiliki akreditasi B mantap sehingga tinggal satu tahap lagi untuk meraih akreditasi A," jelasnya.

Selain itu, kata dia, UMP juga memiliki lima program profesi dan penyelenggara Program Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Sementara untuk program pascasarjana, lanjut dia, UMP telah memiliki program magister untuk bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Manajemen, Pendidikan IPS, Pendidikan Dasar, Farmasi, dan Pendidikan Agama Islam.

"Kalau program profesi, UMP memiliki Program Profesi Apoteker, Profesi Ners (Keperawatan), Profesi Dokter, Profesi Kebidanan, dan Profesi Pendidikan Guru," pungkasnya. (tgr)

Baca juga: Universitas Muhammadiyah Purwokerto berkomitmen ciptakan dokter yang unggul
Baca juga: Rektor UMP berkomitmen siapkan generasi muda yang mendunia

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024