Semarang (ANTARA) - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jateng dan DIY berikan sambungan listrik gratis kepada warga di 22 Kecamatan, Kabupaten Grobogan yang merupakan bagian dari program One Man One Hope.

Pemberian bantuan secara Simbolis di lakukan di Desa Asemrudung, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan, Kamis, (28/11) oleh Senior Manager Niaga PLN UID Jateng dan DIY Eko Suharno didampingi Kabag Humas Kabupaten Grobogan Teguh Hardjokusumo.

"Gerakan sosial yang digagas oleh PLN ini merupakan  program kegiatan sosial berupa donasi sukarela dari pegawai PLN untuk membantu pasang baru listrik bagi rumah tangga kurang mampu. Satu pegawai punya kewajiban membantu minimal satu warga kurang mampu," kata Senior Manager Niaga PLN UID Jateng dan DIY Eko Suharno.

Untuk wilayah yang berada di bawah PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Demak, telah tersambung 108 Rumah Tangga dari rencana 191 Rumah Tangga, saat ini angka Rasio Elektifikasi untuk Kabupaten Grobogan telah pun meningkat dari angka 95.42 persen di awal Agustus menjadi 95.88 persen di Oktober 2019.

Baca juga: PLN tanam 10.000 mangrove di Pantai Mangunharjo

Eko berharap program tersebut dapat memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat dan meningkatkan taraf hidup yang nantinya diharapkan juga akan membantu menggerakan perekonomian di Jawa Tengah, karena sesuai dengan slogan PLN Electricity For a Better Life.

Simin, seorang penerima manfaat Desa Grayar menyampaikan terima kasih kepada PLN. 

"Alhamdulillah setelah 42 tahun akhirnya punya sambungan listrik sendiri. Semoga PLN tambah maju dan sukses," kata Simin.

Sementara itu Kabag Humas Kabupaten Grobogan Teguh Hardjokusumo menyebutkan berdasarkan data BPS penduduk miskin di Grobogan per 2018 adalah 12,7 persen, angka tersebut terus berupaya ditekan melalui berbagai upaya dari pemerintah, masyarakat, dunia usaha, dan komponen lainnya.

"Atas nama masyarakat Kabupaten Grobogan, saya menyampaikan rasa terima kasih yang tulus kepada PLN, semoga bantuan ini bermanfaat dan dapat digunakan sebaik-baiknya oleh masyarakat. Kami menilai bantuan PLN ini benar-benar tepat sasaran, warga yang dibantu adalah warga yang memang betul pantas untuk dibantu. Langkah PLN yang berperan aktif untuk meningkatkan taraf kehidupan di Kabupaten Grobogan patut dicontoh, salut untuk PLN," tutup Teguh Hardjokusumo.

Baca juga: Rudiantara ditunjuk jadi Dirut PLN
Baca juga: YBM PLN salurkan zakat pegawai Rp350 juta untuk bantu bangun masjid

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024