Jepara (ANTARA) - TNI Komando Distrik Militer 0719/Jepara membantu perbaikan 15 rumah warga tidak layak huni di Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, lewat program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Reguler ke-106.

"Ternyata di Desa Tanjung, Kecamatan Pakisaji memang masih ada warga kurang mampu, saya juga melihat sendiri kondisi rumah salah satu warga yang menjadi sasaran bedah rumah," kata Komandan Kodim 0719/Jepara Letkol Arm Suharyanto di sela-sela gelar pertemuan dengan sejumlah media di Rumah Makan Lumintu Jepara, Senin.

Dengan adanya program rumah tidak layak huni (RTLH) untuk diubah menjadi layak huni tersebut, dia berharap, bisa membantu dalam mengentaskan kemiskinan.

Program tersebut juga bertujuan mengurangi rumah tidak layak huni di masyarakat, khususnya di Kabupaten Jepara.

Ia mengungkapkan program bedah rumah merupakan salah satu program fisik selama TMMD reguler.

Program fisik lainnya, yakni pembangunan jalan dengan pembetonan sepanjang satu kilometer lebih.

Adapun lebar jalannya berkisar 2,5 meter yang merupakan penghubung antara Dukuh Rebu dan Dukuh Jagung.

Baca juga: Kades: warga bersatu sukseskan TMMD Cilacap

Sementara warga yang belum memiliki fasilitas jamban juga akan dibantu lewat program TMMD tersebut.

Kegiatan tersebut, dalam rangka pemberdayaan hidup bersih dan sehat guna mencegah penyebaran penyakit berbasis lingkungan.

Adanya bantuan yang bersifat stimulus tersebut, diharapkan bisa mendorong kesadaran warga lainnya untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan dengan tidak buang air besar sembarangan.

Kegiatan nonfisik yang akan dilaksanakan, di antaranya sosialisasi tentang UU TNI, sosialisasi kesehatan, lingkungan hidup, serta pemberdayaan dan pembelajaran untuk masyarakat yang masih terbelakang.

Kegiatan tersebut bakal melibatkan banyak pihak mulai dari Dinas Kesehatan hingga dinas lain yang terkait dengan sejumlah kegiatan yang dijadwalkan dalam program TMMD.

"Kami juga akan melakukan pembinaan terhadap generasi muda serta sosialisasi terkait keamanan masyarakat," ujarnya.

Melalui program TMMD tersebut, Kodim Jepara juga berencana melakukan penghijauan dengan menanam ribuan bibit tanaman. Jumlah bibit tanaman yang disiapkan diperkirakan mencapai 2.800 bibit. * 

Baca juga: Usia 68, tak batasi Karsinem ikut bantu TMMD
Baca juga: Wali Kota Magelang minta warga tinggalkan kebiasaan BAB sembarangan
Baca juga: TMMD, personel TNI mulai perbaiki rumah Suwarti

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024