Magelang (ANTARA) - Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito mengingatkan masyarakat setempat untuk meningkatkan pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari guna mewujudkan kemajuan hidup bersama di daerah itu.
 
"Penting bagi seluruh masyarakat Kota Magelang untuk mengetahui dan mengamalkan semua sila yang tertuang dalam Pancasila, kemudian diimplementasikan pada kehidupan sehari-hari," katanya saat memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di daerah itu di Magelang, Selasa.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, katanya, bentuk penghormatan terhadap Pancasila sebagai falsafah bangsa dan dasar negara.

Ia menyebut ideologi Bangsa Indonesia, yakni Pancasila, tidak bisa diubah dengan ideologi lain.

Sumber dari segala sumber hukum di negeri ini mengandung nilai-nilai luhur Pancasila yang menjadi kepribadian Bangsa Indonesia.

"Melalui Hari Kesaktian Pancasila dapat menggali kembali makna yang terkandung dalam Pancasila. Setiap warga Indonesia sudah tertanam jiwa Pancasila sehingga menjadi kekuatan untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia dari ancaman apapun,” katanya.

Baca juga: Wali Kota: Hari Kesaktian Pancasila Momentum Mawas Diri

Terutama generasi muda di daerah itu, ujar dia, harus memahami dengan baik dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai kegiatan dan kehidupan sehari-hari, baik di sekolah maupun rumah.

”Sebagai generasi penerus kita nantinya, belajar dan berpikir secara cerdas sudah menjadi kewajiban. Dengan begitu, kita akan mudah menangkal gerak-gerik yang bisa mengganggu ideologi bangsa ini. Pencegahan harus diawali sejak dini,” katanya.

Hadir dalam acara tersebut, antara lain Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina, Ketua DPRD Kota Magelang Budi Prayitno, perwakilan seluruh Organisasi Perangkat Daerah(OPD) di lingkungan Pemkot Magelang, unsur TNI, Polri, perwakilan pelajar, dan mahasiswa Kota Magelang.

Pada kesempatan itu, diumumkan para pemenang lomba Karnaval Pembangunan dari semua kategori. Juara pertama Kategori OPD diperoleh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim), juara kedua Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), dan juara ketiga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR).

Pemenang Kategori Kecamatan, juara pertama Kelurahan Kemirirejo, juara kedua Kelurahan Jurangombo Utara, dan juara ketiga Kelurahan Kramat Selatan.

Pemenang Kategori Sekolah, juara pertama SMP Pantekosta, juara kedua SMP Negeri 8, dan juara tiga SD-SMP Tarakanita, sedangkan Kategori Umum, juara pertama Trio Plaza, juara kedua PDAM Kota Magelang, dan juara ketiga Bank Magelang. Juara umum diraih SMP Pantekosta. (hms)

Baca juga: Karnaval pembangunan hibur warga Magelang
Baca juga: Karnaval pembangunan meriahkan HUT RI di Kota Magelang

 

Pewarta : Hari
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024