Purbalingga (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah, masih melakukan pengumpulan data terkait jumlah kunjungan wisatawan selama musim libur Lebaran 2019.

"Kami terus melakukan pengumpulan data, hingga saat ini telah ada 15 pengelola objek wisata yang melaporkan data kunjungan wisatawan selama musim Lebaran," kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Purbalingga, Prayitno di Purbalingga, Minggu.

Dia menyebutkan, 15 objek wisata yang telah mengirimkan data antara lain Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas, Objek Wisata Air Bojongsari (Owabong), Goa Lawa Purbalingga (Golaga), Kolam Renang Tirto Asri Walik, Sanggaluri Park, Bumi Perkemahan Munjulluhur dan MTL Jenderal Soedirman.

Selain itu, Jalur Pendakian Gunung Slamet, Pancuran Clibon, Curug Karang, Curug Sumba, Desa Wisata Serang, Wisata Susur Sungai Kedungbenda, Wisata Siregol Superland dan Desa Wisata Bokol.

Menurut data sementara, kata dia, ada 173.337 wisatawan yang mengunjungi Purbalingga selama musim Lebaran.

"Namun itu baru data sementara, masih banyak pengelola objek wisata yang belum mengirimkan data wisatawan kepada kami sehingga besar kemungkinan jumlahnya akan terus bertambah," katanya.
Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada pengelola objek wisata yang belum mengirimkan data agar segera melaporkan jumlah kunjungan wisatawan.

Pemerintah Kabupaten Purbalingga sebelumnya menargetkan sebanyak 425.000 wisatawan akan datang ke wilayah tersebut selama libur Lebaran 2019.

Dia menambahkan, pada libur Lebaran tahun 2018 lalu pihaknya mencatat ada 400.000 wisatawan yang mengunjungi berbagai objek wisata yang ada di wilayah itu.

Pemkab Purbalingga terus menggencarkan promosi dan meningkatkan pembangunan infrastruktur jalan menuju desa wisata guna meningkatkan sektor pariwisata di wilayah setempat.
 


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024