Semarang (Antaranews Jateng) - Universitas Diponegoro bekerja sama dengan perusahaan teknologi dan informasi keuangan global Bloomberg secara resmi membuka Bloomberg Finance Lab pertama di Indonesia yang dihadiri tamu kehormatan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir pada acara peluncuran.

"Bloomberg Finance Lab akan meningkatkan kemampuan dan profesionalitas para lulusan sarjana S1,S2, dan S3 di di konsentrasi finance, accounting, bisnis, dan ekonomi secara umum. Kami juga berencana memperluas program pertukaran mahasiswa internasional kami dengan universitas terbaik lain dari seluruh dunia dan meyakini bahwa peluncuran Finance Lab ini akan membantu para mahasiswa kami terhubung dengan pasar keuangan global,"  kata Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Suharnomo di Semarang, Kamis.

Universitas Diponegoro telah bergabung dalam jaringan yang terdiri dari 800 universitas dari seluruh dunia dalam Bloomberg Terminals dan Finance Labs. Fasilitas baru tersebut tersedia di Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) yang terdiri dari 12 Terminal Bloomberg yang dapat digunakan oleh mahasiswa S1, S2 dan S3, serta staff pengajaran peneliti di  FEB Undip.

"Kami sangat senang dapat bermitra dengan Undip dan menyediakan para pelajar dan profesor akses berita, data pasar keuangan, dan ekonomi yang telah digunakan oleh para profesional dunia di bidang bisnis dan keuangan di seluruh dunia," kata Maggie Ng, Head of ASEAN Sales Bloomberg.

Ia berharap ketersediaan data dan pelatihan dari Bloomberg Finance Lab dapat menunjang karir ratusan mahasiswa di Indonesia dan membentuk generasi selanjutnya yang ahli dalam bidang keuangan di salah satu pusat ASEAN yang paling dinamis.

The Bloomberg Terminal merupakan sebuah software platform yang menyediakan data, berita, dan analisa pasar keuangan secara real-time dan historis yang dapat membantu para profesional bidang bisnis dan keuangan dalam membuat keputusan investasi yang tepat. Bloomberg Terminal juga menyediakan execution platforms untuk setiap kelas aset, riset, dan jaringan global agar dapat berkomunikasi secara aman dan dapat diandalkan.

Bloomberg Finance Lab akan membantu para sarjana S1,S2 dan S3 mendapatkan kemampuan yang dibutuhkan untuk menjajaki karir di bidang keuangan. Para mahasiswa juga dapat mengakses Bloomberg Market Concepts (BMC), sebuah kursus e-learning bersertifikat, dan juga CFAPRO, sebuah database yang memetakan CFA Institute Candidate Body of Knowledge ke lebih dari 387 fungsi Bloomberg Terminal yang relevan.

Para mahasiswa S1, S2, dan S3 juga akan mendapatkan pelatihan agar mampu mengoperasikan Bloomberg Terminal serta pelatihan dalam investasi, risiko, assessment, dan manajemen portofolio. Bloomberg Financial Lab juga dapat diakses untuk para akademisi universitas dalam melakukan proyek riset.

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024