Purbalingga (Antaranews Jateng) - Desa Wisata Serang, Purbalingga, Jawa Tengah, menawarkan berbagai wahana baru guna meningkatkan angka kunjungan wisatawan, kata Kepala Desa Serang, Sugito.

"Berbagai wahana baru yang menarik telah dipersiapkan, contohnya sepeda layang," katanya di Purbalingga, Rabu.

Melalui wahana tersebut, kata dia, pengunjung dapat merasakan sensasi bersepeda di ketinggian.

Selain wahana baru, tambah dia, berbagai destinasi baru juga telah dipersiapkan di desa wisata yang berada di kaki Gunung Slamet tersebut.

Dia menjelaskan, pada tahun 2017, jumlah kunjungan wisatawan ke desa wisata tersebut mencapai 600 ribu pengunjung.

"Jumlah terbanyak wisatawan berkunjung ke destinasi wisata Lembah Asri Serang yang mencapai 294 ribu orang. Selebihnya, kunjungan ke Kampung Kurcaci, wisata petik stroberi, bukit swafoto, pendakian Gunung Malang, dan rekreasi Sikopyah," katanya.

Dia juga menambahkan, sektor pariwisata telah menumbuhkan perekonomian warga sekitar.

"Kesadaran masyarakat di Desa Serang akan manfaat pariwisata sudah mulai dirasakan. Kesadaran yang meningkat itu akhirnya membuat warga menggali potensi yang ada untuk destinasi wisata baru," katanya.

Dia menambahkan, pemerintah desa setempat terus mendukung tumbuhnya destinasi wisata baru yang tidak dikelola oleh BUMdes.

"Pihak desa bahkan memberikan bantuan dana untuk pengembangan destinasi itu seperti Kampung Kurcaci, destinasi pendakian Gunung Malang, Pudang Mas, dan lain sebagainya," katanya.

Bantuan kepada kelompok masyarakat pengelola destinasi, kata dia, dimaksudkan untuk mengoptimalkan potensi wisata dan meningkatkan pelayanan kepada wisatawan.



Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024