Jakarta (Antaranews Jateng) – Kelompok Pemerhati Budaya dan Museum Indonesia atau KPBMI akan meluncurkan dua komik mengenai cagar budaya dan museum, di mana keduanya akan segera diterbitkan dalam waktu dekat dan dibuat dengan gaya generasi jaman now.

“Isinya tentang percakapan tokoh dewa Ganesa ata dewa ilmu pengetahuan bercerita tentang cagar budaya, kemudian larangan vandalisme, dan bagaimana merawat cagar budaya seperti bangunan, situs bersejarah, benda dansebagainya,” ujar Dewan Penasehat KPBMI Sulianto Susanto seperti dikutip laman hiburan GoHitz.com.

Sedangkan untuk komik tentang museum, Sulianto menjelaskan bahwa komik itu akan mengambil setting lokasi di Museum Benteng Vredeburg dan lebih mengulas tentang tata cara berkunjung ke museum dan hal-hal menarik di museum.

“Namanya komik jadi isinya juga sedikit, namun kita lebih banyak memainkan gambar-gambar,” tutur dewan penasihat tersebut dalam wawancara yang berlangsung santai di Taman Museum Mandiri.

Rencananya, kedua komik dari KPBMI itu akan diluncurkan di Museum Nasional atau di Museum Kebangkitan Nasional dalam waktu dekat yakni pada tanggal 20 Januari 2018.(Editor : Paramita).
 



Pewarta : Aji Cakti
Editor : Totok Marwoto
Copyright © ANTARA 2024