Semarang, ANTARA JATENG - Berbagai perlombaan yang menyasar pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum digelar Pemerintah Kota Semarang untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-470 Kota Atlas.

"Ada 11 lomba dan satu `workshop` yang kami gelar," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Semarang Nana Storada di Semarang, Kamis.

Lomba-lomba itu, yakni foto kontes Semarang Fantastik, Lomba "Drone", Lomba Logo Kado HUT Ke-470 Kota Semarang, Lomba Aplikasi Android, Lomba Vlog bertema "Seandainya sehari jadi Hendi, saya akan...".

Kemudian, lomba foto bertema "Potret Atraktif Sekolah", lomba PMI Henry Dunant, lomba video iklan layanan publik, lomba nasyid, lomba dai, dan Lomba Vlog Cah Semarang Bangga Semarang.

"Kami libatkan komunitas, masyarakat umum, pelajar, dan juga kalangan mahasiswa. Ya, harapan kami mereka bisa berpartisipasi memberikan masukan untuk memajukan Kota Semarang," katanya.

Untuk media yang dijadikan sarana perlombaan, kata dia, mulai Instagram, email, Youtube, android, dan video yang mempersyaratkan kreativitas dan orisinalitas karya yang dibuat peserta.

"Banyak media yang bisa digunakan, seperti Instagram, Youtube, dan sebagainya. Namun, peserta dituntut menunujukkan kreativitas dan orisinalitas atas karya yang mereka buat," kata Nana.

Dari seluruh lomba yang digelar untuk memeriahkan HUT Ke-470 Kota Semarang, penyerahan hadiahnya dilakukan serentak bertepatan pada hari jadi kota tersebut, yakni 2 Mei 2017.

Sementara itu, Ketua Panitia Lomba Video Iklan Layanan Publik Heri Riyana menjelaskan peserta dipersilakan mengeksplorasi sektor pelayanan publik yang berada di lingkup Pemkot Semarang.

"Silakan ambil video di mana saja. Yang penting, pelayanan publik di lingkup Pemkot Semarang. Pengambilan video di rentang 20 Maret-20 April 2017," kata Ketua Forum Wartawan Balai Kota Semarang itu.

Video, kata dia, dapat diunggah melalui akun Instagram dengan mem-"follow" akun @hendrarprihadi dan @pemkot_semarang, serta menambahkan tagar #Pemkotsemarang, #LombaILPSmg, dan #HUT470Kotasemarang.

"Melalui lomba ini, kami ingin masyarakat berperan serta mengawal pelayanan publik di Kota Semarang. Peran aktif masyarakat sangat diperlukan agar pelayanan publik lebih baik," pungkasnya.

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor :
Copyright © ANTARA 2024