Bupati Batang, Yoyok Riyo Sudibyo di Batang, Rabu, mengatakan penerimaan hibah dari ADB ini karena pemkab berhasil mendukung program nasional penghematan energi.

"Selain Kabupaten Batang, ADB juga memberikan hibah yang sama pada Pemerintah Kota Semarang," katanya.

Penandatanganan memorandum of agreement (MoU) atau nota kesepakatan bersama ini antara lain dihadiri oleh Direktur Konservasi Energi, Maritje Hutapea, Perwakilan Asian Development Bank (ADB), General Manager PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Batang, Rabu (1/4).

Ia mengatakan pemkab berkomitmen melakukan pengematan energi pada sektor penerangan jalan umum (PJU) sejalan dengan program Direktorat Konservasi Energi, Direktorat Jenderal Energi Baru dan Konservasi Energi Kementerian ESDM.

"Pemkab berkomitmen terus mendukung dan melakukan langkah nyata efisiensi energi, terutama di sektor PJU. Sebelum terpilih mendapatkan hibah dari ADB, pemkab sudah mengganti secara bertahap lampu PJU HPS dan mercury ke lampu PJU LED dan bekerja sama dengan energy service company," katanya.

Menurut dia, hibah lampu PJU LED ini akan dipasang di Jalan Slamet Riyadi dan Jalan Sudirman yang merupakan jalur pantai utara utara Jawa.

"Hibah proyek lampu jalan diharapkan dapat dinikmati dan dimanfaatkan bukan hanya oleh warga Kota Batang saja tetapi juga warga lainnya yang melintasi jalan tersebut," katanya.

Perwakilan Asian Development Bank Indonesian Residence Mission (IRM) Bagus Widianto berharap hibah lampu jalan LED ini nantinya bukan hanya mendukung program nasional penghematan energi dari sisi penurunan konsumsi listrik tetapi bisa menjadi proyek pilot yang bisa direplikasi oleh pemerintah daerah.

"Lampu jalan LED ini dirancang dengan memperhatikan aspek dan syarat keselamatan, kenyamanan penglihatan pengguna jalan raya, dan keamanan berdasarkan standar yang berlaku internasional dan nasional serta adanya aspek teknologi LED terkini, serta unsur ramah lingkungan," katanya.

Pewarta : Kutnadi
Editor : Zaenal A.
Copyright © ANTARA 2024