Versi 4ICU, UNS naik peringkat kampus terbaik

id UNS, 4ICU

Versi 4ICU, UNS naik peringkat kampus terbaik

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta (ANTARA/Aris Wasita)

Solo (ANTARA) - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta naik peringkat jadi ke-8 sebagai kampus terbaik versi "4 International Colleges and Universities" (4ICU).

"Peringkat ini naik dari 23 pada Januari 2020 menjadi peringkat ke-8 pada Agustus 2020," kata Rektor UNS Jamal Wiwoho di Solo, Kamis.

Terkait hal itu, ia mengapresiasi penanggungjawab di masing-masing pemeringkatan yang telah melakukan evaluasi sehingga pada periode Agustus 2020 ini pemeringkatan 4ICU UNS meningkat.

Ia mengatakan ada paramater di setiap pemeringkatan sekaligus penanggungjawabnya.

Baca juga: Mahasiswa UNS sosialisasikan kesiapsiagaan bencana banjir

"Selanjutnya ketika pemeringkatan itu keluar, maka akan dievaluasi oleh masing-masing penanggungjawab. Jadi kira-kira kekurangannya apa, kemudian bisa dilakukan perbaikan," katanya.

Terkait dengan pencapaian tersebut, pihaknya berharap agar peringkat UNS di 4ICU dapat terus meningkat.

"Tidak hanya 4ICU, namun juga pemeringkatan UNS lainnya bisa meningkat," katanya.

Sementara itu, dikutip dari laman www.4icu.org, 4ICU merupakan suatu mesin pencari dan direktori yang melakukan penilaian berdasarkan kepopuleran situs yang dimiliki oleh sekitar 11.606 perguruan tinggi di seluruh dunia yang telah terakreditasi dan tersebar dalam 200 negara.

Terdapat lima kriteria yang dipakai sebagai parameter, yaitu Google Page Rank, Alexa Traffic Rank, Majectic Seo Referring Domain, Citation Flow, dan Majestic Seo Trust Flow.

Google Page Rank merupakan kriteria perangkingan yang mempertimbangkan jumlah halaman yang muncul di laman Google, sedangkan Alexa Traffic Rank menentukan peringkat berdasarkan tingkat yang bisa diakses.

Selanjutnya, Majestic Seo Referring Domains merupakan kriteria terkait dengan isi, Majestic Seo Citation Flow adalah sejauh mana karya-karya UNS dikutip, dan terakhir Majestic Seo Trust Flow adalah kriteria terkait dengan karya yang dikutip merupakan suatu yang baik, benar, dan terpercaya.

Baca juga: Salah satu pimpinan UNS dinyatakan sembuh dari COVID-19
 
Pewarta :
Editor: Wisnu Adhi Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar