Kasus positif COVID-19 di Kudus naik

id Kasus positif COVID 19, di Kabupaten Kudus, kembali naik

Kasus positif COVID-19 di Kudus naik

Ruang isolasi khusus di RSUD Loekmono Hadi Kudus, Jawa Tengah. (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

Kudus (ANTARA) - Jumlah kasus warga terkonfirmasi positif virus corona baru (COVID-19) di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah bertambah tiga sehingga total menjadi  37 kasus.

"Total kasus baru ada empat, tetapi tiga kasus di antaranya yang terkonfirmasi positif corona berasal dari dalam wilayah dan satu dari luar wilayah," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Kudus Andini Aridewi di Kudus, Minggu.

Ia mengungkapkan kasus pertama seorang laki-laki berusia 23 tahun berdomisili di Kecamatan Kota Kudus serta tidak memiliki penyakit penyerta.

Akan tetapi, lanjut dia, terdapat riwayat kontak dengan penderita COVID-19 serta terdapat riwayat perjalanan ke daerah terjangkit.

Pasien tersebut dirawat di RSUD Loekmono Hadi sejak 30 Mei 2020 dan hasil swab (usap) tenggorokan dari Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) Semarang dinyatakan positif pada Minggu ini.

Kasus kedua, seorang perempuan berusia 55 tahun berdomisili di Kecamatan Gebog dan tidak memiliki penyakit penyerta, namun penelusuran kontak ternyata memiliki riwayat kontak dengan penderita COVID-19.

Usai hasil tes cepat corona dinyatakan reaktif, kemudian dilakukan swab pada 29 Mei 2020, sedangkan hasil swab dari RSND Semarang pada Minggu ini dinyatakan positif dan saat ini mulai dirawat di RSUD Loekmono Hadi Kudus.

Pasien ketiga, seorang perempuan berusia 39 tahun berdomisili di Kecamatan Kaliwungu dan diketahui tidak memiliki penyakit penyerta maupun perjalanan ke daerah terjangkit.

Hanya saja, yang bersangkutan memiliki riwayat kontak dengan penderita COVID-19.  Pasien dilakukan swab pada 29 dan 30 Mei 2020 dengan hasil swab pertama dari RSND Semarang dinyatakan positif dan dilakukan isolasi mandiri.

Hasil swab positif yang keluar pada Minggu ini, termasuk seorang perempuan usia 43 tahun berdomisili di Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak dan memiliki riwayat kontak dengan penderita positif. Kemudian dirawat di RSUD Kudus sejak 30 Mei 2020 dengan hasil swab dari RSND Semarang pada Minggu ini dinyatakan positif corona.

Hingga Minggu, jumlah kasus positif COVID-19 dari Kabupaten Kudus empat orang, tiga orang dirawat dan satu orang isolasi mandiri, sedangkan kasus positif warga luar daerah empat kasus sehingga dirawat totalnya tujuh orang.

Dari 37 kasus positif COVID-19, sebanyak 29 orang dinyatakan sembuh dan meninggal empat orang dan tiga dirawat di rumah sakit serta satu orang isolasi mandiri.

Baca juga: Tim GTPP COVID-19 Jepara temukan 69 orang reaktif
Baca juga: Sembilan orang di Pasar Jepara reaktif COVID-19

 
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar