Karyawan terkena PHK akui kesulitan daftar Kartu Prakerja

id Kartu prakerja, pendaftaran

Karyawan terkena PHK akui kesulitan  daftar Kartu Prakerja

Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (ANTARA/Aris Wasita)

Solo (ANTARA) - Sejumlah karyawan yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat pandemi Covid-19 mulai melakukan pendaftaran Program Kartu Prakerja yang diselenggarakan oleh pemerintah.

"Saya sudah mendaftar tetapi ada kendala dalam melakukan pendaftaran," kata salah satu calon pendaftar Bagus Yudistira di Solo, Kamis.

Sebagaimana diketahui, pendaftaran Kartu Prakerja gelombang pertama dimulai Sabtu (11/4) pada pukul 19.00 WIB sampai dengan tanggal 16 April pukul 16.00 WIB.

Baca juga: Ganjar persilakan puluhan ribu buruh yang di PHK mendaftar Kartu Prakerja
Baca juga: Temanggung usulkan 3.624 penerima Kartu Prakerja


Ia mengatakan pada proses pendaftaran tersebut, warga Kelurahan Bumi, Kecamatan Laweyan ini kesulitan mengunggah foto KTP dan swafoto yang menjadi syarat pendaftaran. "Saya sudah berusaha berulangkali mengunggah foto KTP maupun swafoto di website www.prakerja.go.id tetapi gagal terus," katanya.

Terkait hal itu, ia mengaku sudah berkonsultasi dengan salah satu petugas Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Surakarta. Meski demikian, dikatakannya, sejauh ini belum ada solusi.

Calon pendaftar lain Eka Saputra mengatakan juga belum berhasil melakukan pendaftaran.

"Saya sudah beberapa kali mencoba tetapi belum berhasil juga, mungkin karena saat ini banyak yang daftar. Jadi kan bersamaan," katanya.

Terkait hal itu, Kepala Disnakerperin Kota Surakarta Ariani Indrastuti mengatakan pendaftaran Kartu Prakerja terpusat di Jakarta sehingga dinas di daerah tidak bisa memberikan solusi.

"Kami juga tidak bisa mendeteksi berapa warga Solo yang telah mendaftar Kartu Prakerja," katanya.

Baca juga: Pemkot Pekalongan mendata calon penerima Kartu Prakerja
Baca juga: Pemkab Banyumas mendata calon penerima Kartu Prakerja
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar