Seluruh objek wisata milik Pemkab Kudus ditutup sementara

id pemkab kudus

Seluruh objek wisata milik Pemkab Kudus ditutup sementara

Pengumuman penutupan sementara Museum Patiayam di Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. ANTARA/HO-Disbudpar Kudus

Kudus (ANTARA) - Sejumlah objek wisata yang dikelola Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, ditutup sementara untuk mencegah penyebaran penyakit virus corona (COVID-19) yang tengah mewabah di sejumlah daerah di Tanah Air.

"Objek wisata yang ditutup merupakan objek wisata yang dikelola Pemkab Kudus, yakni objek wisata Taman Ria Colo, Taman Krida, Museum Pati Ayam, dan Museum Kretek," kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus Wahyu Haryanti di Kudus, Kamis.

Untuk objek wisata Taman Ria Colo, kata dia, baik portal timur maupun barat juga sudah ditutup.

Penutupan tersebut juga dikoordinasikan dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus untuk menginformasikan kepada pengunjung yang dimungkinkan terlebih dahulu memasuki Terminal Bakalan Krapyak, Kecamatan Kaliwungu, Kudus yang biasanya mengunjungi Makam Sunan Kudus sebelum menuju Colo.

Baca juga: Pemkab Magelang tutup tujuh objek wisata

"Ketika diinformasikan, setidaknya mereka bisa mempertimbangkan untuk menuju kawasan Colo yang juga terdapat Makam Sunan Muria," ujarnya.

Untuk Makam Sunan Muria, kata dia, hingga sekarang masih tetap buka, demikian halnya Makam Sunan Kudus yang informasinya penutupannya menunggu kesepakatan bersama pengurus makam para wali.

Ia mengungkapkan penutupan semua objek wisata tersebut berlangsung sejak Rabu (19/3) hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

Sepanjang kondisi kedaruratan soal wabah corona masih berlangsung, kata dia, penutupan tersebut masih tetap berlaku.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus Abdul Halil mengungkapkan untuk pengelolaan Terminal Wisata Bakalan Krapyak hingga kini masih tetap buka karena mengikuti kebijakan dari pengelola Makam Sunan Kudus.

"Ketika makam Sunan Kudus ditutup, maka kami juga akan menerapkan kebijakan yang sama," ujarnya.

Baca juga: Seluruh objek wisata di Banyumas ditutup antisipasi penyebaran COVID-19
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar