Tarian Megat Megot meriahkan upacara penutupan TMMD

id Kodim

Tarian Megat Megot meriahkan upacara penutupan TMMD

Upacara penutupan kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) 106 Kodim Cilacap dimeriahkan dengan tampilan tarian khas daerah setempat Megat Megot dari Sanggar Gian Laksita asuhan Agus Santoso. (Foto: Humas Kodim Cilacap)

Cilacap (ANTARA) - Upacara penutupan kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) 106 Kodim Cilacap dimeriahkan dengan tampilan tarian khas daerah setempat Megat Megot dari Sanggar Gian Laksita asuhan Agus Santoso.

Pertunjukkan Tarian Megat Megot yang menjadi kebanggan daerah setempat (pernah tampil di tingkat internasional) tersebut menjadi salah satu tradisi di Kabupaten Cilacap sebagai upaya melestarikan kelestarian budaya lokal.

Tarian Megat Megot menggambarkan kegembiraan, sehingga dibawakan oleh para penari yang seluruhnya perempuan berbalut busana penuh warna dalam nuansa ceria.

“Kami diminta untuk tampil dalam upacara penutupan TMMD di Lapangan Cironeng. Tidak butuh waktu lama untuk mempersiapkannya. Sekitar satu minggu mereka berlatih. Karena kami latihan rutin jauh-jauh hari. Jadi, begitu diminta tampil, kami sudah oke. Cuma menyatukan kekompakkan saja," jelas Agus.

Penutupan TMMD 106 Kodim Cilacap diikuti sekitar 2.000 peserta yang terdiri atas para pelajar SMU/SMK, mahasiswa, Pramuka, Ormas kepemudaan, serta perwakilan organisasi lainnya.

Baca juga: Pelaksanaan TMMD Cilacap berakhir

Baca juga: Kasdam IV Diponegoro puas kegiatan TMMD selesai 100 persen
Pewarta :
Editor: Nur Istibsaroh
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar