PSV terjerembab di markas Utrecht

id PSV Eindhoven,FC Utrecht ,Liga Belanda

PSV terjerembab di markas Utrecht

Penyerang PSV Eindhoven Donyell Malen (kiri) dikawal ketat para pemain FC Utrecht dalam laga lanjutan Liga Belanda di Stadion Galgenwaard, Utrecht, Belanda, Sabtu (19/10/2019) setempat. (ANTARA/Twitter@PSV)

Jakarta (ANTARA) - PSV Eindhoven terjerembab dan menelan kekalahan 0-3 dalam lawatan ke markas FC Utrecht untuk laga pekan ke-10 Liga Belanda di Stadion Galgenwaard, Sabtu setempat (Minggu WIB).

Dua kartu merah yang diterima Nick Viergever dan Jorrit Hendrix membuat PSV kesulitan mencetak gol balasan setelah tertinggal akibat tembakan jarak jauh Sander van de Streek.

Ketimpangan jumlah pemain itu sukses dimanfaatkan Utrecht untuk memastikan kemenangan lewat gol tambahan dari Adam Maher dan Sean Klaiber, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Hasil itu membuat PSV yang masih berada di posisi kedua dengan koleksi 23 poin kini tertinggal tiga poin dari Ajax (26) di puncak, sedangkan Utrecht (17) merangsek ke urutan kelima.

Baca juga: Ajax menang 2-1 di kandang RKC Waalwijk

PSV sebetulnya tampil cukup menguasai jalannya pertandingan babak pertama, namun tak mampu mengkonversinya menjadi serangan yang cukup berbahaya.

Skor nirgol bertahan hingga turun minum setelah tak satu pun tembakan tepat sasaran berhasil dicatatkan kedua tim.

Empat menit memasuki babak kedua, Utrecht justru berhasil mencuri keunggulan saat tembakan jarak jauh Van de Streek sempat membentur kaki Viergever dan arah bola mengecoh kiper Jeroen Zoet sebelum bersarang ke dalam gawang.

PSV berusaha membalas namun sepakan Donyell Malen dari tepian kotak penalti masih bisa diamankan kiper Maarten Paes pada menit ke-62.

Upaya PSV untuk mengejar ketertinggalan kian dipersulit saat Viergever diusir wasit dari lapangan pada menit ke-68. Viergever awalnya menerima kartu kuning atas pelanggaran terhadap Bart Ramselaar, namun wasit Danny Makkelie yang mengikuti anjuran VAR menaikkan hukumannya menjadi kartu merah.

Enam menit kemudian, PSV kian dirugikan saat situasi sama berulang dan terjadi terhadap Hendrix. Pelanggaran Hendrix terhadap Simon Gustafson awalnya diganjar kartu kuning, namun tinjauan VAR mengubah keputusan wasit menjadi kartu merah.

Ketimpangan jumlah pemain jelas membuat PSV kesulitan untuk mengimbangi Utrecht dan pada menit ke-82, tuan rumah menggandakan keunggulan mereka setelah sepak pojok pendek diteruskan Gustafson dan diselesaikan dengan tembakan jarak jauh terarah Maher ke sudut kanan atas gawang.

Pada menit ketiga injury time kekalahan PSV kian telak lantaran Klaiber memanfaatkan umpan Urby Emanuelson untuk memastikan kemenangan Utrecht menjadi 3-0.

Baca juga: AZ dipecundangi Heerenveen di kandang sendiri

Susunan pemain:

FC Utrecht (4-1-2-1-2): Maarten Paes; Sean Klaiber, Willem Janssen, Justin Hoogma, Mark van der Maarel; Joris Overeem (Giovanni Troupee); Bart Ramselaar (Urby Emanuelson), Gyrano Kerk; Adam Maher; Sander van de Streek, Simon Gustafson
Pelatih: John van den Brom

PSV Eindhoven (4-3-3): Jeroen Zoet; Denzel Dumfries, Timo Baumgartl, Nick Viergever, Michal Sadilek; Pablo Rosario (Erick Gutierrez), Mohammed Ihattaren (Kostas Mitroglou), Jorrit Hendrix; Ritsu Doan (Cody Gakpo), Donyell Malen, Steven Bergwijn
Pelatih: Mark van Bommel
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar