Kedokteran, program studi favorit Seleksi Mandiri UNS

id Pelaksanaan SM UNS,Universitas Sebelas Maret

Kedokteran, program studi favorit Seleksi Mandiri UNS

Pelaksanaan UTBC pada jalur SM UNS di Kampus UNS, Minggu (21/7). (Foto: dokumentasi UNS)

Ada 975 orang yang tidak hadir dalam UTBC hari ini
Solo (ANTARA) - Kedokteran menjadi program studi favorit pada jalur Seleksi Mandiri Universitas Sebelas Maret (SM UNS) yang pelaksanaan tes dilakukan Minggu.

"Peminat terbanyak untuk program sarjana adalah prodi kedokteran dengan 2.582 pendaftar, diikuti oleh hukum 1.273 pendaftar, dan farmasi sebanyak 1.099 pendaftar," kata Rektor UNS Jamal Wiwoho di Solo, Minggu.

Dua prodi lain yang juga cukup menjadi favorit, yaitu teknik sipil dengan jumlah pendaftar 1.097 orang dan psikologi 1.096 orang.

Ia mengatakan pada ujian tulis berbasis cetak (UTBC) jalur SM UNS tersebut ada 16.683 orang yang mendaftar, namun pada pelaksanaannya hanya diikuti 15.888 peserta.

"Ada 975 orang yang tidak hadir dalam UTBC hari ini," katanya.

Baca juga: Seleksi mandiri Untidar Magelang diikuti 2.620 peserta

Seleksi Mandiri UNS pada 2019  didasarkan pada nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) LTMPT, UTBC, dan prestasi nonakademik.

Ia mengatakan hasil seleksi SM UNS akan diumumkan pada 31 Juli 2019, sedangkan peserta yang lolos seleksi diwajibkan melakukan registrasi.

Ia mengatakan ujian secara serentak dilaksanakan di delapan kota, yaitu Surakarta, Makassar, Surabaya, Bandung, Jakarta, Serang, Lampung, dan Medan.

Ia mengatakan UTBC di luar Kota Surakarta dilaksanakan bekerja sama dengan perguruan tinggi negeri setempat.

Ia mengatakan SM UNS ditujukan untuk mengisi 20 persen daya tampung mahasiswa baru atau 1.320 orang untuk sarjana S1 dan 382 untuk vokasi.

Baca juga: Rektor jamin Seleksi Mandiri Masuk Untidar transparan
Pewarta :
Editor: Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar