PDIP Surakarta siapkan 4 nama calon wali kota

id PDIP Siapkan, empat nama cawali Kota Surakarta

PDIP Surakarta siapkan 4 nama calon wali kota

Sekretaris DPC PDIP Surakarta, Teguh Prakosa memberikan keterangan di sela acara HUT Ke-73 Bhayangkara di Mapolresta Surakarta, Rabu (10/7). (ANTARA/Bambang Dwi Marwoto)

Beliau telah berpengalaman dan menjabat sebagai wakil dan wali kota sudah dua periode. Beliau juga tahu siapa-siapa yang siap dan mampu menjadi wali kota pada Pilkada Kota Surakarta mendatang
Solo (ANTARA) - DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Surakarta telah menerima usulan empat nama yang akan masuk bakal calon wali kota untuk persiapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta 2020.

"Empat nama bakal calon wali kota itu semua dari kader internal partai," kata Sekretaris DPC PDIP Kota Surakarta Teguh Prakosa di Solo, Rabu (10/7).

Ia mengatakan PDIP di Solo pada Pileg 2019 meraih 30 kursi DPRD Kota Surakarta sehingga dapat mengajukan sendiri pasangan calon pada pilkada mendatang.

Ia mengatakan empat nama kader disiapkan namun masih tahap usulan arus bawah.

"Kami belum bisa menyebut namanya karena masih dalam proses akan digodok terlebih dahulu, baru diusulkan dan harus mendapatkan rekomendasi dari DPP," kata Teguh yang juga Ketua DPRD Kota Surakarta periode 2014-2019 itu.

Menyinggung soal empat nama bakal calon apakah termasuk dirinya, Teguh tidak bisa mengelak.

"Kendati demikian, bakal calon wali kota keputusan akan ditetapkan F.X. Hadi Rudyatmo. Beliau telah berpengalaman dan menjabat sebagai wakil dan wali kota sudah dua periode. Beliau juga tahu siapa-siapa yang siap dan mampu menjadi wali kota pada Pilkada Kota Surakarta mendatang," katanya.

Pilkada Kota Surakarta akan digelar pada 23 September 2020.

Baca juga: Rudy tolak jadi Ketua DPC PDIP Surakarta


Menyinggung soal Calon Ketua DPC PDIP Surakarta yang diputuskan dalam forum Konfercab 2019, kata dia, ada delapan calon nama Ketua DPC PDIP, yakni F.X. Hadi Rudyatmo selaku petahana, Teguh Prakosa, Paulus Haryanto, Budi Prasetyo, Roro Indradi Sarwo Indah, Honda Hendarto, Y.F. Sukasno, dan Joni Sofyan Erwandi.

Menurut dia, semua nama calon ketua tersebut berasal dari strukrural tingkat DPC dan Pengurus Anak Cabang (PAC). Pembahasan hasil Konfercab PDIP Kota Surakarta akan dibawa ke forum Konferensi Daerah (Konferda) PDIP Jawa Tengah di Semarang. Konfercab DPC PDI Perjuangan se-Jawa Tengah serentak digelar di Panti Marhaen Semarang, Minggu (14/7).

Pada konferda tersebut, kata dia, selain penetapan ketua DPC, juga menggelar pemilihan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Provinsi Jateng. 

Baca juga: Enggan dicalonkan, Rudyatmo sebut kandidat Ketua DPC PDIP Solo
 
Pewarta :
Editor: Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar