Omset SPBU di Tol Trans Jawa meningkat lima kali lipat

id pertamina, omset,bbm,mudik,balik,semarang

Omset SPBU di Tol Trans Jawa meningkat lima kali lipat

General Manager PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV Jateng-DIY Iin Febrian (tengah) dan Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR IV Andar Titi Lestari di Semarang, Kamis. (Foto: Nur Istibsaroh)

Semarang (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV Jateng-DIY mencatat selama arus mudik dan balik Idul Fitri 1440 H omset BBM di SPBU dan kios Pertamina Siaga Tol Trans Jawa meningkat hingga lima kali lipat dibanding tahun 2018.

"Tingginya minat masyarakat menggunakan Tol Trans Jawa pada arus mudik dan balik menjadikan konsumsi BBM di seluruh SPBU dan kios Pertamina Siaga Tol Trans Jawa meningkat dan dapat dipenuhi oleh enam Terminal BBM," kata General Manager PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV Jateng-DIY Iin Febrian di Semarang, Kamis.

Bahkan, lanjut Iin, konsumsi BBM jenis gasoline di beberapa SPBU regular seperti di rest area KM 389B dan KM 260B naik hingga di atas 200 persen pada puncak arus balik yang terjadi pada H+4 atau bertepatan pada Minggu (9/6).

Peningkatan konsumsi di kios Pertamina Siaga di sepanjang ruas balik jalur B meningkat rata-rata di atas 100 persen dengan peningkatan tertinggi terjadi di kios Pertamina Siaga KM 282B saat H+5 arus balik sebesar 135 persen dari rata-rata harian normal sebesar 14 kiloliter (KL) menjadi 33 KL.

"Dibandingkan tahun 2018, konsumsi BBM meningkat signifikan seiring dengan beroperasinya rest area di Tol Trans Jawa dan Pertamina akan terus mengoptimalkan stok dan penyaluran sebagai upaya antisipasi peningkatan konsumsi BBM di Tol Trans Jawa”, lanjutnya.

Sementara konsumsi BBM di jalur Pantura, tambah Iin, mengalami penurunan hingga 6 persen dibandingkan tahun lalu dan hal tersebut menjadi bahan evaluasi bagi Pertamina untuk memperkuat ketersediaan BBM di jalur tol.

"Saat ini sudah ada 10 SPBU di jalur Tol Trans Jawa dan akan dibangun 7 lagi dengan target sudah dapat dioperasikan pada Satgas Natal dan tahun baru," tambahnya.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR IV Andar Titi Lestari menambahkan para pemudik sangat meminati mengisi BBM di SPBU yang terletak di rest area sepanjang Tol Trans Jawa dan Pertamina mencatat di SPBU rest area KM 379 dan 429 ruas A (Jakarta-Surabaya) adalah 2 SPBU regular yang peminatnya sangat tinggi saat arus mudik, sedangkan pada saat arus balik, konsumsi tertinggi terjadi di SPBU rest area KM 389 dan KM 260.

Andar menambahkan hingga akhir masa satgas tanggal 20 Juni 2019, Pertamina MOR IV akan terus mengoptimalkan pemenuhan stok dan penyaluran BBM di Tol Trans Jawa dengan beroperasi penuh melayani konsumen hingga 24 jam.

Pada puncak arus balik Lebaran H+4 Minggu (9/6) tercatat peningkatan konsumsi BBM jenis gasoline di Jawa Tengah naik sebesar 63 persen dari 10.433 kiloliter (KL) per hari pada masa normal menjadi 17.032 KL.

"Peningkatan dengan persentase tertinggi di wilayah Jawa Tengah terjadi pada produk Pertamax Turbo dimana pada masa normal sebesar 33 KL per hari namun pada satgas tahun ini meningkat 122 persen menjadi 74 KL perhari. Sedangkan untuk produk gasoline lainnya yaitu Pertalite dan Pertamax, masing-masing naik sebesar 17 persen dan 34 persen dari rata-rata harian normal di wilayah Jawa Tengah," tambah Iin.

Iin menambahkan bahwa hingga akhir masa satgas pada Kamis (20/6), Pertamina MOR IV akan terus mengoptimalkan layanan di seluruh SPBU yang tersebar di Jawa Tengah terutama yang berada di Tol Trans Jawa dan bagi masyarakat yang membutuhkan informasi terkait pelayanan BBM dan LPG dapat menghubungi kontak 135 atau melalui website di www.pertamina.com
 
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar