HKBN diharapkan jadi aksi masyarakat kurangi risiko bencana

id HKBN, Bencana, Banjarnegara

HKBN diharapkan jadi aksi masyarakat kurangi risiko bencana

Rapat koordinasi persiapan HKBN 2019 di Banjarnegara (Dok.BPBD Banjarnegara)

Banjarnegara (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah, mengajak seluruh masyarakat di wilayah setempat untuk memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) 2019 pada tanggal 26 April mendatang.

"Kegiatan ini diharapkan menjadi aksi masyarakat dan semua elemen yang ada di Banjarnegara dalam upaya mengurangi risiko bencana," kata Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, Andri Sulistyo di Banjarnegara, Senin.

Dia juga menambahkan pada peringatan HKBN 2019 akan ada aksi simulasi, latihan evakuasi mandiri, pengaktifan semua alat deteksi dini bencana dan berbagai kegiatan lainnya.

"Simulasi juga akan dilakukan di masing-masing instansi, seperti kantor, sekolah, dan instansi lain," ujarnya.

Selain sekolah dan perkantoran, pihaknya juga akan menyasar pusat-pusat keramaian agar informasi mengenai HKBN dapat sampai ke seluruh lapisan masyarakat yang ada di wilayah setempat.

Dia mengatakan Pemkab Banjarnegara telah menggelar rapat koordinasi terkait persiapan peringatan HKBN 2019 yang dihadiri oleh sejumlah pihak terkait.

"Rapat dihadiri oleh sejumlah organisasi perangkat daerah, pihak swasta, sekolah, camat dan lain sebagainya. Dengan persiapan yang matang kami berharap acara ini akan berlangsung sukses sesuai harapan," tambahnya.

Sebelumnya, Kepala Pelaksana Harian BPBD Banjarnegara, Arief Rahman mengatakan peringatan HKBN diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan bersama mengenai risiko bencana apa yang terdapat di wilayah setempat, dan apa yang harus dilakukan apabila terjadi bencana di wilayah masing-masing.

Dia mengharapkan peringatan HKBN juga menjadi tanda kesiapsiagaan para personel di Banjarnegara dalam menghadapi potensi bencana di wilayah itu.

Untuk itu, pihaknya berharap seluruh masyarakat di Banjarnegara untuk ikut berperan serta menyukseskan HKBN 2019.
 
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar