Purbalingga targetkan lima desa wisata baru

id desa wisata

Purbalingga targetkan lima desa wisata baru

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Purbalingga, Prayitno (dok. pribadi)

Purbalingga (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, menargetkan penambahan lima desa wisata baru pada tahun 2019 ini guna meningkatkan angka kunjungan wisatawan ke wilayah setempat.

"Target kami lima desa wisata baru dan kami sedang berupaya untuk mewujudkan hal tersebut," kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Purbalingga, Prayitno di Purbalingga, Rabu.

Dia menyebutkan lima desa wisata tersebut antara lain Desa Karang Jengkol Kecamatan Kutasari, Desa Selakambang Kecamatan Kaligondang, Desa Karang Gedang Kecamatan Bukateja, Desa Serayu Larangan Kecamatan Mrebet, dan Desa Karang Malang Kecamatan Bobotsari. 

Dia menambahkan pada saat ini ada sekitar 17 desa wisata yang ada di bawah koordinasi Pemerintah Kabupaten Purbalingga.

Dia menambahkan, pihaknya terus menggencarkan promosi dan pembangunan infrastruktur jalan menuju desa wisata.

Dengan demikian diharapkan desa-desa wisata yang ada di wilayah tersebut akan terus berkembang dengan pesat dan diminati wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pihaknya berharap dengan berbagai upaya yang dilakukan maka target angka kunjungan wisatawan pada tahun 2019 sebanyak 3,9 juta orang akan dapat tercapai.

Dia menyatakan optimistis dapat mencapai target yang ditetapkan mengingat pada tahun 2018 lalu target kunjungan wisatawan ke Kabupaten Purbalingga juga tercapai.

"Kabupaten Purbalingga berhasil memenuhi target kunjungan wisatawan pada tahun 2018 lalu. Selama satu tahun, kemarin Purbalingga dikunjungi 3.793.184 wisatawan dari berbagai wilayah di Tanah Air," katanyaPada tahun 2018 lalu, pihaknya menargetkan angka kunjungan wisatawan sebanyak 2,53 juta orang.

"Namun menjelang akhir tahun, jumlah pengunjung yang datang ternyata sudah melampaui target," katanyaDia menambahkan, angka kunjungan wisatawan ke desa wisata yang ada di wilayah setempat juga cukup tinggi.

"Sepanjang tahun 2018 tercatat 884.871 pengunjung melancong ke 17 desa wisata maupun rintisan desa wisata yang ada di Purbalingga," katanya.
 

Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar