Kebun Raya Indrokilo Boyolali tambah fasilitas mancakrida

id Kebun Raya Indrokilo Boyolali difasilitas outbond

Kebun Raya Indrokilo Boyolali tambah fasilitas mancakrida

Seorang pengunjung mencoba fasilitas mancakrida (outbound) di Kebun Raya Indrokilo di Kampung Tempurejo Kelurahan Kemiri, Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali , Jumat.(Foto:Bambang Dwi Marwoto)

Boyolali (Antaranews Jateng) - Objek wisata Kebun Raya Indrokilo yang terletak di Kampung Tempurejo Kelurahan Kemiri, Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali kini sudah dilengkapi dengan fasilitas mancakrida (outbound) baik untuk kalangan anak-anak maupun orang dewasa.

Kepala Seksi Pemeliharaan Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Boyolali, Budi Listiyono, di Boyolali, Jumat, mengatakan, Objek Wisata Kebun Raya Indrokilo Boyolali kini bertambah semarak dengan adanya tambahan fasilitas pendukung untuk pengunjung baik untuk kalangan anak-anak maupun dewasa.

Menurut Budi Listiyono dapat dilihat di sisi sebelah Barat kebun raya, pengunjung akan menemui sebuah wahana mancakrida yang dapat digunakan untuk bermain anak-anak. Dengan tali temali yang dirangkai sedemikian rupa, menjadikan area itu, aman digunakan anak-anak bermain melatih keseimbangan.

Selain area outbond, kata Budi Listiyono, tidak jauh di sebelahnya terdapat sebuah papan untuk meluncur layaknya rubah terbang (flying fox), tetapi yang membedakan wahana ini dengan lainnya yakni penggunaan sepeda pada saat meluncur atau yang sering dikenal dengan sebutan zip bike.

"Wahana zip bike ini, belum bisa digunakan karena memang operasional menyangkut keselamatan belum tersedia," kata Budi.

Menurut dia, yang jelas wahana zip bike hanya untuk dewasa minimal usia 10 tahun, dan khusus mereka yang tidak takut ketinggian karena ini mengasah adrenalin.

Para pengunjung harus berpacu adrenalin mengingat wahana sepanjang 75 meter tersebut akan mengajak pengunjung mengayuh sepeda setinggi 3 meter dari permukaan tanah sehingga mereka terasa melayang di udara.

Menurut Bupati Boyolali Seno Samodro Pemkab Boyolali pembangunan Kebun Raya Indrokilo pada 2018 ini, terus dikebut dan sekarang juga sudah dipasang patung Sosro Birowo untuk menghiasi taman.  

Menurut Bupati patung Sosro Birowo menggambarkan tokoh Mahesa Jenar, yang dibangun setinggi 17 meter di depan Gerbang Pasingsingan Kebun Raya Indrokilo. Tahap ini, anggaran khusus pembangunan patung menghabiskan sekitar Rp7 miliar.

Ia mengatakan pembangunan Kebun Raya Indrokilo dengan luas lahan sekitar 8,9 hektare di Kemiri Kecamatan Boyolali tersebut diperkirakan totalnya akan menghabiskan dana sekitar Rp60 miliar. 

Namun, pembangunan hingga tahun ini, sudah menghabiskan sebanyak Rp40 miliar dan terus dilanjutkan hingga selesai. Kebun ini, rencana diresmikan pada awal 2019. 
Pewarta :
Editor: Sumarwoto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar