Untidar sosialisasi program beasiswa Bidikmisi 2018

id universitas tidar magelang,program bidikmisi

Untidar sosialisasi program beasiswa Bidikmisi 2018

Pembinaan dan sosialisasi penerimaan beasiswa Bidikmisi 2018/2019 Universitas Tidar Kota Magelang, Jumat (31/8). (Foto: Dokumen Humas Untidar)

semoga pada Oktober atau November 2018 nanti ada jawaban dan semoga Untidar diberikan tambahan kuota lagi
Magelang (Antaranews Jateng) - Universitas Tidar melakukan sosialisasi Program Bidikmisi 2018 kepada 214 mahasiswa perguruan tinggi negeri di Kota Magelang, Jawa Tengah itu yang telah menjalani tahapan penilaian untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

"Kalian adalah mahasiswa yang telah dinilai layak menerima Bidikmisi. Maka dari itu kalian harus memanfaatkannya sebaik mungkin.Tetap semangat dan ingat salah satu syarat wajib penerima Bidikmisi adalah IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) di atas 3.0, kata Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Untidar Kota Magelang Hery Suroso dalam keterangan tertulis yang diterima di Magelang, Sabtu.

Dalam sosialisasi pelaksanaan program tersebut di Auditorium Untidar Kota Magelang pada Jumat (31/8) itu, para mahasiswa mendapatkan penjelasan tentang alur dan sistem penerimaan beasiswa Bidikmisi, motivasi belajar, dan penjelasan tentang kredit komputer jinjing.

Ia mengatakan jumlah total calon penerima Bidikmisi 2018 dari Untidar 488 mahasiswa yang terdiri atas 123 mahasiswa jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan 365 mahasiswa jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Akan tetapi, ujar dia, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi memberikan kuota penerima Program Bidikmisi 2018 kepada Untidar untuk 214 mahasiswa.

Pihaknya menilai kuota tersebut perlu ditambah sehingga telah mengajukan kepada Kemenristek dan Dikti.

"Kami telah mengajukan surat penambahan kuota Bidikmisi kepada pihak kementerian dan semoga pada Oktober atau November 2018 nanti ada jawaban dan semoga Untidar diberikan tambahan kuota lagi," kata Kabag Akademik dan Kemahasiswaan Untidar David Budhi Hartono.

Ia menjelaskan mahasiswa Bidikmisi akan menerima beasiswa dengan total Rp6,3 juta. Dari jumlah beasiswa itu, akan langsung dipotong Rp2,4 juta untuk biaya uang kuliah tunggal setiap semester dan sisanya Rp3,9 juta diberikan kepada penerima.

"Dana Bidikmisi 3,9 juta rupiah akan ditransfer langsung dari pusat ke rekening masing-masing mahasiswa tanpa melalui campur tangan pihak kampus. Peraturan tahun sebelumnya dana kan ditransfer per tiga bulan, namun peraturan terbaru dana akan ditransfer enam bulan sekali," kata dia.

Pada sosialisasi dan pembinaan penerima Bidikmisi 2018 itu, Untidar juga menghadirkan sejumlah personel dari Akademi Militer untuk memberikan movitasi belajar kepada para mahasiswa, terutama menyangkut nilai-nilai disiplin, kepatuhan, dan pentingnya peranan mereka pada masa mendatang bagi negara dan bangsa.

Selain itu, Untidar juga menghadirkan pihak Bank Pasar 69 Kabupaten Magelang untuk memberikan penjelasan tentang program kredit komputer jinjing dari perbankan tersebut kepada mahasiswa guna mendukung kegiatan perkuliahan mereka.  
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar