"Soal calon Ketua DPD PDIP Jateng yang akan menggantikan Murdoko, merupakan wewenang DPP," kata Sekretaris DPD PDIP Jateng, Agustina Wilujeng, di sela-sela persiapan Rakerda III PDIP Jateng, di The Sunan Hotel Solo, Sabtu petang.

Menurut dia, pihaknya masih menunggu dari keputusan DPP, tetapi kemungkinan akan langsung diumumkan saat hasil Rakerda di Solo.

Ia menjelaskan, sejumlah nama dari seluruh pengurus DPD PDIP Jateng, seluruh kepala daerah, dan Ketua DPC sudah menjalani psikotes dan uji kelayakan dan kapututan di kantor DPP sebagai calon Ketua DPD PDIP Jateng.

Namun, sejumlah calon ketua DPD PDIP Jateng tersebut sudah mengerucutan sehingga ada sekitar empat nama kemungkinan akan salah satunya dapat memimpin daerah ini.

Menyinggung soal empat calon isu yang beredar akan memimpin menjadi Ketua DPD PDIP Jateng, Agustina menjelaskan, antara lain Nuniek Sriyuningsih (Wakil Ketua DPD PDIP Jateng), F.X. Hadi Rudyatmo (Wali Kota Surakarta), Singgih Sanyoto (Bupati Magelang), dan Heru Sudjatmoko (Wakil Gubernur Jateng).

"Namun, semua itu wewenang DPP, kami masih menunggu putusan itu. Soal Ketua DPD PDIP Jateng akan diumumkan pada Rakerda III di Solo, Minggu (24/11) malam," katanya.

Agustina menjelaskan, pada Rakerda III DPD DPIP Jateng, rencananya dihadiri Puan Maharani, selaku Ketua BP Pemilu Pusat PDIP, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Wakil Gubernur Heru Sudjatmoko, dan sejumlah fungsionaris DPP PDIP serta calon anggota legislatif DPR RI daerah pemilihan Jateng maupun tingkat provinsi.

Menurut dia, agenda Rakerda di Solo tersebut adalah pelantikan BP Pemilu se-Jateng, penempatan target, dan strategi pemenangan Pemilu anggota legislatif 2014.

Pada Rakerda tersebut, kata dia, acara diawali dengan pesta kembang api dilanjutkan pagelaran wayang kulit dengan dalang Ki Anom Suroto, di lapangan Desa Hargantoro, Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri, Sabtu malam ini.
Selain itu, DPC PDIP Klaten juga menggelar jalan sehat di Alun-alun Kabupaten Klaten, Minggu (24/11), dan kemudian dilanjutkan pembukaan Rakerda III di Solo, pukul 11.00 WIB.

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : hernawan
Copyright © ANTARA 2024