Purwokerto (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, telah menerima logistik Pilkada Serentak 2024 berupa bilik suara sebanyak 10.600 buah dan saat ini tersimpan di gudang yang berlokasi di Jalan Sultan Agung, Kelurahan Karangklesem, Banyumas.

"Jumlah bilik suara sesuai kebutuhan untuk 2.650 tempat pemungutan suara (tps), masing-masing sebanyak empat bilik suara, sehingga total yang kami terima sebanyak 10.600 bilik suara," kata Ketua KPU Kabupaten Banyumas Rofingatun Khasanah di Purwokerto, Banyumas, Minggu.

Selain bilik suara, kata dia, pihaknya juga telah menerima logistik lain berupa kabel ties sebanyak 159 boks atau 8 koli serta tinta sebanyak 106 boks atau 5.300 botol ditambah tinta cadangan sebanyak 10 botol.

Saat pelaksanaan Pilkada Serentak 2024, lanjut dia, setiap tps akan menerima tinta sebanyak 2 botol.

"Hari ini (6/10), kotak suara dijadwalkan akan masuk ke gudang logistik KPU Kabupaten Banyumas karena masih dalam perjalanan dari percetakan di Surabaya menuju Purwokerto. Informasi yang kami terima tadi pagi sudah sampai Sragen," katanya.

Dia mengatakan jumlah total kotak suara yang dibutuhkan sebanyak 5.300 buah karena setiap tps membutuhkan 2 kotak suara.

Akan tetapi, kata dia, pihaknya belum mengetahui secara pasti apakah jumlah kotak suara yang sedang dalam proses pengiriman itu sesuai dengan kebutuhan atau kah tidak.

"Jumlah pastinya menunggu setelah kotak suara tersebut sampai di gudang logistik. Kami pun akan menyortir seluruh bilik dan kotak suara tersebut," katanya.

Disinggung mengenai pengadaan surat suara untuk Pilkada Banyumas 2024, Rofingatun mengatakan hingga saat ini proses penandatanganan kontrak di Jakarta belum selesai.

Pilkada Serentak 2024 yang dijadwalkan pada 27 November mendatang, khusus di daerah ini terdiri atas pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah serta pemilihan bupati dan wakil bupati Banyumas.

Baca juga: KPU Banyumas: Pendaftaran pemantau pemilihan masih dibuka

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024