Magelang (ANTARA) - Pemerintah Kota Magelang menempatkan posisi mengajak para pemangku kepentingan untuk mewujudkan transportasi daerah setempat yang aman, nyaman, tertib, dan berkelanjutan.

"Sehingga kami lebih pada bagaimana Pemkot Magelang mengajak para stakeholders (pemangku kepentingan) untuk menuju pada tujuan transportasi di atas," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Magelang Candra Adi Wijatmiko dalam rilis Bagian Prokompim Pemkot Magelang di Magelang, Senin.

Kota Magelang meraih Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) 2024 kategori kota sedang. Penghargaan dari Presiden RI itu diberikan untuk pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota yang dinilai berprestasi dalam penyelenggaraan transportasi perkotaan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyerahkan penghargaan kepada Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz yang diwakili Kepala Dishub Kota Magelang Candra Adi Wijatmiko di Jakarta, Sabtu (7/9).

Candra menyebut penghargaan ini tidak semata-mata dari kinerja Dinas Perhubungan Kota Magelang. 

Pihaknya mengupayakan semua pemangku kepentingan, baik kepolisian, TNI, OPD terkait, masyarakat pengguna jalan, komunitas-komunitas maupun para pekerja transportasi, telah mendukung transportasi yang aman, nyaman, tertib, dan berkelanjutan.

Dia mengharapkan pada masa mendatang semua pemangku kepentingan semakin mendukung tercapai transportasi aman, nyaman, tertib, dan berkelanjutan, dengan menggunakan transportasi secara bijaksana.

Penilaian WTN 2024 melingkupi beberapa kategori, antara lain lalu lintas, angkutan, sarana transportasi darat, prasarana transportasi darat, dan bidang umum.

Dari 102 kota dan kabupaten se-Indonesia yang lolos seleksi dan mendapatkan undangan memperoleh penghargaan piala WTN lima kota raya, lima kota besar, 10 kota sedang, dan 20 kota kecil, sedang lainnya mendapatkan sertifikat.

 

Pewarta : M. Hari Atmoko
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024