Semarang (ANTARA) - Pertamina kembali menyelenggarakan program Pertamina Energi Negeri (PEN) 7.0 secara serentak di Indonesia termasuk Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Senin (26/8).

Untuk wilayah Jawa Tengah dilaksanakan di SD Gemah dan SD Sendangguwo 01di Kota Semarang, SDN Tamanan 3 di Kabupaten Sleman, serta SDN Karangrejo di Kabupaten Magelang. 

Kepala Satuan Pemeriksa Internal Perta Daya Gas Semarang, Gunawan Setyo Budi mengatakan, kegiatan PEN ini dalam menyemarakkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Secara keseluruhan, terdapat 79 sekolah dasar yang menyelenggarakan dan untuk wilayah Jateng dan DIY ada 4 titik.

“Tujuan diselenggarakan PEN 7.0 ini untuk sekolah dasar adalah untuk berbagi ilmu pengetahuan dari kakak-kakak pekerja Pertamina Group. Selain berbagi ilmu, kakak-kakak voluntir pengajar PEN 7.0 ini juga bertujuan mengenalkan proses bisnis, profesi, pengenalan produk yang ada di Pertamina Group secara general,” ujar Gunawan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Sekolah SD Sendangguwo 01 Kota Semarang, Riyani mengucapkan apresiasinya kepada Pertamina yang sudah berkenan untuk menjadikan SD Sendangguwo 01 sebagai salah satu Lokasi penyelenggaraan PEN 7.0.

Anak-anak kelas 5 dan 6 sangat antusias dan senang dengan kegiatan ini karena merupakan pengalaman pembelajaran yang berbeda dari biasanya.

“Dengan adanya kegiatan PEN 7.0 ini semoga menjadi motivasi untuk anak-anak kami dalam menempuh Pendidikan kedepannya. Kegiatan seperti ini akan menambah wawasan mereka. Semoga edukasi dari Pertamina akan memberikan warna baru bagi anak-anak kami,” tutur Riyani.
  Pertamina kembali menyelenggarakan program Pertamina Energi Negeri (PEN) 7.0 secara serentak di Indonesia termasuk Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Senin (26/8). Dok. Pertamina
Pertamina Energi Negeri sendiri merupakan salah satu program tahunan yang sifatnya nasional dan diinisiasi oleh komunitas Perwira Pertamina Peduli. Program ini memiliki konsep dasar relawan sehingga peserta PEN diharapkan dapat berbagi untuk sesama.

Kegiatan PEN berfokus untuk memberikan edukasi dan motivasi untuk anak-anak khususnya Sekolah Dasar (setara) di berbagai wilayah di Indonesia termasuk Provinsi Jawa Tengah dan DIY.

Saat ini, PEN sudah diselenggarakan yang ke-7 kalinya. Pada tahun ini, PEN 7.0 mengambil tema “Arutala” dari Bahasa Sansekerta yang memiliki arti “Cita-Cita Tinggi nan Mulia” dan memiliki tagline “Kami Tahu, Kami Bisa! Berbagi Pengetahuan, Cerdaskan Anak Negeri.

Pada kesempatan terpisah, Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah (JBT), Brasto Galih Nugroho mengatakan Pertamina Patra Niaga JBT mendukung terselenggaranya kegiatan PEN 7.0 ini.

“Untuk PEN 7.0 di Jawa Tengah dan DIY ini memiliki total relawan sebanyak 24 orang. Semoga dengan adanya kegiatan PEN 7.0 ini dapat menambah pengetahuan adik-adik termasuk tentang Pertamina secara general dan juga dapat menghibur dengan kegiatan-kegiatan yang menarik oleh kakak-kakak voluntir dari Pertamina,” tutup Brasto. ***

Pewarta : Nur Istibsaroh/ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024