Solo (ANTARA) - Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Hartono menyebut masih banyak pekerjaan rumah (PR) untuk memajukan kampus ke depan.

"Banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan, kemudian program yang harus dilaksanakan juga masih banyak, tantangan ke depan makin berat sehingga tidak mungkin Rektor bekerja sendirian," katanya di Solo, Jawa Tengah, Jumat.

Oleh karena itu, pihaknya secara bertahap mengangkat dan melantik unsur di bawah Rektor dengan harapan dapat membantu Rektor dalam melaksanakan program-programnya.

Terkait hal itu, pihaknya melantik empat Wakil Rektor UNS masa jabatan 2024-2029. Keempat wakil rektor tersebut yaitu Fitria Rahmawati dilantik sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik dan Penelitian, Muhtar dilantik sebagai Wakil Rektor Bidang Sumber Daya.

Lalu, Dody Ariawan sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, serta Irwan Trinugroho dilantik sebagai Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, Internasionalisasi, dan Informasi.

Ia mengatakan terdapat beberapa pertimbangan dan catatan dalam proses pelantikan wakil rektor, yang pertama yaitu mengacu pada Peraturan Presiden (PP) 56 Tahun 2020 khususnya pasal 37 dan 45 ayat 3 yang secara garis besar bahwa wakil rektor diangkat dan diberhentikan oleh rektor.

"Pertimbangan selanjutnya yaitu berdasarkan kompetensi bahwa beliau berempat adalah yang terbaik untuk diangkat menjadi wakil rektor," katanya.

Ia mengatakan program yang dicanangkan yaitu kebersamaan dan kerja sama.

"Kami sudah melakukan evaluasi bahwa beliau berempat yang kami tunjuk bisa saling bekerja sama dan para wakil rektor ini mampu bekerja sama dengan Rektor. Kami mengucapkan terima kasih kepada wakil rektor yang mau dilantik untuk membantu saya dalam bekerja," katanya.

Sementara itu, ada pergeseran terkait tugas pokok dan fungsi wakil rektor.

"Misalnya, wakil rektor bidang akademik bukan lagi dengan kemahasiswaan, namun akademik dengan penelitian karena kemahasiswaan cukup berat. Jadi, ini bisa mengurangi beban wakil rektor 1 dan wakil rektor 3 bisa fokus ngurusi kemahasiswaan," katanya.

Dengan begitu, menurut dia keempatnya mendapat tupoksi yang proporsional.*

Baca juga: Marching Band UNS juara Indonesia Drum Corps International 2024

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024