Cilacap (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Cilacap Awaluddin Muuri mengharapkan pelaksanaan renovasi Tugu Sakanti Dahana Patra yang populer disebut dengan Tugu Lilin dapat menjadi magnet wisata baru yang mendongkrak citra positif Cilacap.

"Kami mengapresiasi kontribusi nyata PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) yang merenovasi tugu ini dengan desain yang lebih kekinian. Kami mempersembahkan tugu ini sebagai ikon Cilacap," kata Pj Bupati saat peletakan batu pertama pelaksanaan renovasi Tugu Lilin di Simpang Gumilir, Cilacap, Jawa Tengah, Senin.

Ia mengatakan desain baru tugu tersebut tetap dengan ikon berupa kobaran api sebagai simbol energi tanpa meninggalkan nilai sejarah, budaya, kolaborasi Pemerintah Kabupaten Cilacap dan PT KPI, serta ornamen motif batik lokal Cilacap.

Oleh karena itu, kata dia, kehadiran Tugu Lilin dengan desain baru tersebut dapat menjadi magnet wisata baru yang mendongkrak citra positif Cilacap.

"Ini sudah ditunggu-tunggu masyarakat Cilacap. Tolong nanti semuanya ikut memviralkan dengan jargon, belum lengkap ke Cilacap jika belum ke tugu ini," kata Pj Bupati.

Sementara itu, General Manager PT KPI RU IV Cilacap Edy Januari Utama mengatakan Tugu Sakanti Dahana Patra atau Tugu Lilin menjadi ikon penting terkait dengan keberadaan PT KPI RU IV sebagai kilang terbesar di Indonesia.

Menurut dia, hal itu disebabkan desain awal tugu yang diresmikan pada tahun 1993 itu menjadi penanda Kilang Cilacap.

"Kobaran api di puncak menjadi perwujudan semangat dan energi, simbolisasi tugas kilang sebagai penyedia energi terbaik untuk negeri ditambah relief konfigurasi kilang di bagian fondasi," katanya menjelaskan.

Ia mengatakan tugu tersebut tidak hanya menjadi penanda Kilang Cilacap, juga menjadi salah satu ikon yang menjadi penanda masuk wilayah perkotaan Cilacap.

Oleh karena usianya sudah lebih dari 3 dekade, kata dia, pelaksanaan renovasi Tugu Lilin dengan desain baru itu dapat terwujud setelah melalui proses perencanaan serta berkolaborasi dengan Pemkab Cilacap dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat.

"Semoga kehadiran wajah baru Tugu Lilin ini semakin memantapkan ikon Cilacap sekaligus PT KPI RU IV. Inilah wujud kolaborasi PT KPI dengan Pemkab Cilacap dan masyarakat, mari kita jaga bersama tugu kebanggaan ini," kata Edy.

Desain baru Tugu Lilin tersebut memiliki tinggi 16 meter dengan memuat sejumlah ornamen khas seperti bunga Wijayakusuma yang menjadi ikon Cilacap, logo Pertamina dan Cilacap, lidah api, ornamen batik, dan sebagainya.

Konstruksi tugu terbuat dari beton bertulang dengan tambahan ornamen lain serta diperindah dengan pencahayaan lampu-lampu, sehingga lebih ikonik dan menarik.

Baca juga: Presiden Jokowi ke IKN untuk peletakan batu pertama sejumlah infrastruktur

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024