Semarang (ANTARA) - Ketua KONI Kota Semarang Arnaz Andrarasmara mengatakan sudah saatnya para atlet dari Ibukota Jawa Tengah berprestasi dan menjadi bibit unggulan di level nasional bahkan internasional sesuai visi dan misinya.

“Sudah saatnya atlet Kota Semarang itu berprestasi di level yang lebih tinggi. Sudah saatnya kita berbicara di level nasional, syukur-syukur internasional,” kata Arnaz saat memotivasi 205 atlet judo yang bertanding dalam KONI Cup Kejuaraan Judo Kota Semarang 2024.

Kejuaraan Judo Kota Semarang 2024 tersebut berlangsung di Dojo Pengprov PJSI Jawa Tengah, 6 Juli 2024 dan diikuti sembilan klub judo di Kota Semarang. Kejuaraan berlangsung untuk kategori pra belia, belia, cadet, junior, mahasiswa dan senior.

“Jika di Porprov Jateng kekuatan Kota Semarang sudah tidak terbendung. Terakhir di Porprov 2023, kami kembali juara umum dengan 186 medali emas, saatnya kita lepas landas mempersiapkan ke level yang lebih tinggi,” kata Mas Arnaz.

Pada Porprov 2026 mendatang, Kota Semarang akan menjadi salah satu tuan rumah penyelenggara bersama beberapa kota lain di sekitarnya. Oleh karenanya, ajang kejuaraan semacam itu diharapkannya dapat menjadi pemanasan sekaligus mengukur mentalitas bertanding para atlet.

Ketua Pengcab PJSI Kota Semarang Dimas Ariwibowo mengakui jika kejuaraan itu merupakan salah satu tolok ukur bagi para atletnya yang masuk dalam Program Semarang Emas (PSE) KONI Kota Semarang.

“Ini juga merupakan program pemasalan untuk atlet usia dini sekaligus regenerasi atlet senior,” katanya.

Ditegaskannya, dengan semakin banyak mengikuti kejuaraan, akan menambah jam terbang para atlet. Dengan demikian, skill dan mental mereka semakin terasah lebih baik.

"Ke depan kami akan upayakan pertandingan seperti ini sering dilakukan supaya menambah jam terbang para atlet sehingga diharapkan makin siap untuk event skala lebih besar," katanya.

Pihaknya bertekad mempersembahkan prestasi terbaik bagi Kota Semarang sekaligus semakin memopulerkan olahraga judo di masyarakat.

“Pada Porprov 2023 lalu kami berhasil menyumbangkan 4 medali emas, dan semoga seiring sebagai tuan rumah, target perolehan medali kami tentu juga akan bertambah,” tutup Dimas Ariwibowo optimis.

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024