Semarang (ANTARA) - Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana memeriksa persiapan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-31, salah satunya di kawasan Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP) Semarang.

Ballroom Merapi yang berada di kawasan PRPP Semarang merupakan salah satu lokasi puncak peringatan Harganas Ke-31 tingkat nasional.

"Ini akan jadi tempat untuk gala dinner peringatan Harganas 2024. Tadi kami lihat sedang dibenahi (tata ulang). Adapun puncak peringatan atau upacaranya diselenggarakan di lapangan Simpang Lima," kata Nana, di Semarang, Senin.

Rangkaian kegiatan puncak Harganas Ke-31 nasional akan dipusatkan di Kota Semarang, dan direncanakan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo, beberapa menteri, dan kepala daerah.

Untuk gala dinner dilaksanakan pada Jumat (28/6) malam, sedangkan upacaranya dilaksanakan pada pagi harinya, 29 Juni 2024.

Nana menyambut baik akan diadakannya acara tingkat nasional tersebut di Jateng, dan Pemprov Jateng bersama BKKBN terus berkolaborasi untuk menyiapkan beberapa lokasi.

"Pemprov Jateng dan BKKBN terus berkolaborasi untuk menyiapkan pelaksanaan kegiatan yang dilakukan," katanya.

Adapun peringatan Harganas Ke-31 tingkat provinsi sudah dilakukan di dua titik, yakni seremoni pertama dilaksanakan di Purwokerto, Kabupaten Banyumas diikuti peserta dari eks Karesidenan Banyumas, Kedu, dan Pekalongan.

Sedangkan seremoni yang kedua digelar Jepara, diikuti peserta dari eks Karesidenan Semarang, Pati, dan Surakarta.

Selain seremoni, kegiatan lain adalah Family Fun Walk di Kota Semarang pada Minggu, 23 Juni 2024 yang diikuti oleh sekitar 5.000 warga, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Jateng, dan BKKBN.

Rangkaian kegiatan lainnya, meliputi pelayanan keluarga berencana di beberapa perusahaan, donor darah, dan lainnya.

"Harapannya (peringatan Harganas) membawa pengaruh positif pentingnya keluarga. Sebab keluarga adalah wahana pendidikan pertama dan utama dalam membangun karakter bangsa," kata Nana.

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024