Batang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, mengenalkan program magang gemilang sebagai proyek percontohan untuk mencetak tenaga kerja terampil dan berkualitas.

Penjabat Bupati Batang Lani Dwi Rejeki di Batang, Rabu, mengatakan bahwa program magang gemilang telah diikuti oleh 17 warga lokal sejak November 2023 hingga Maret 2024 dan 41 persen di antaranya sudah bekerja di perusahaan di daerah ini.

"Ya, program magang gemilang ini merupakan proyek percontohan yang bertujuan mencetak tenaga kerja lokal atau sumber daya manusia yang lebih meningkat," katanya.

Selain itu, kata dia, program magang gemilang juga sebagai upaya mengurangi angka pengangguran di daerah setempat.

Menurut dia, dalam upaya merealisasikan program magang gemilang tersebut, pihaknya berkolaborasi dengan sebuah perusahaan PT Nestle Indonesia yang berada di Batang Industri Park Segayung.

Program magang gemilang, kata dia, dapat memberdayakan dan mempersiapkan para pemuda lokal untuk masa depan menuju Indonesia Emas.

"Kami optimistis program ini bisa menciptakan tenaga baru berkualitas dan diberikan sertifikat yang menjadikan nilai jual yang tinggi untuk mendaftar di perusahaan sesuai kompetensi," katanya.

Lani Dwi Rejeki berharap program magang gemilang ini bisa terus dikembangkan lagi dengan kuota peserta yang lebih ditingkatkan untuk memenuhi permintaan perusahaan terhadap tenaga kerja lokal.

Baca juga: BPJS ketenagakerjaan lindungi siswa magang SMK Muhammadiyah Undaan

Pewarta : Kutnadi
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024