Solo (ANTARA) - Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional (DPD PAN) Surakarta mulai menjaring kandidat untuk Pemilihan Kepala Daerah Surakarta 2024.

Ketua DPD PAN Surakarta Achmad Sapari di Solo, Jawa Tengah, Kamis mengatakan, partai tersebut memberikan dukungan kepada Astrid Widayani.

Ia mengatakan, dukungan tersebut diberikan salah satunya karena kecocokan visi dan misi antara PAN dan Astrid. Kedua pihak juga sudah melakukan pertemuan pada Rabu (12/6) malam.

Terkait dengan dukungan untuk Astrid, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada Astrid apakah akan maju sebagai bakal calon Wali Kota Surakarta atau Wakil Wali Kota Surakarta.

Sementara itu, ia menilai Solo yang juga dijuluki sebagai kota budaya sekaligus memiliki berbagai objek wisata memerlukan kepemimpinan sosok baru untuk menggarap potensi tersebut.

"Untuk mewarnai Kota Solo baiknya ada pemimpin perempuan, karena sepengalaman saya pemimpin daerah laki-laki dan perempuan itu lain. Kebijakan lebih keibuan, rembug bareng, kalau ada sentuhan wanita itu lebih smooth," katanya.

Ia mengatakan, DPD PAN Surakarta akan membuka desk Pilkada mulai 15 Juni. Sejauh ini ada tiga nama yang masuk dalam radar penjaringan DPD PAN Surakarta, yakni Achmad Sapari, Astrid Widayani, dan Sekar Tandjung.

"Kalau sekarang hanya tiga, saya, mbak Astrid Widayani, dan Sekar Tandjung," katanya.

Ia mengatakan, tiga nama tersebut akan diajukan ke DPP PAN untuk kemudian ditentukan yang akan mendapat rekomendasi maju dalam Pilkada Surakarta. Meski demikian, PAN yang hanya memiliki tiga kursi di DPRD Surakarta masih harus menggandeng partai lain untuk berkoalisi mengusung kandidat di pilkada.

Astrid Widayani mengatakan pertemuan tersebut merupakan bagian dari komunikasi yang dibangun dengan para petinggi partai di Solo untuk membentuk koalisi yang solid dalam menyongsong Pilkada Surakarta.

"Pertemuan ini merupakan proses untuk menjahit semua, kita jaga agar harmonis. Peran saya sebagai figur tengah, harapannya bisa membangun komunikasi untuk membentuk koalisi yang solid," katanya.

Ia juga mengapresiasi sambutan dari PAN terhadap dirinya.

"Prinsipnya saya sudah mengenalkan apa yang menjadi maksud dan tujuan saya untuk bersilaturahmi. Alhamdulilah didukung semua pihak jajaran pengurus PAN," katanya.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024