Semarang (ANTARA) - Universitas Semarang (USM) dan Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah sepakat menjalin kerja sama pengembangan olahraga.

Penyerahan naskah perjanjian kerja sama antara kedua pihak tersebut dilaksanakan  dalam upacara penutupan SPECTA Badminton Jateng Open 2024 di GOR Prof. Sudarto, SH USM pada 9 Juni 2024.

Perjanjian kerja sama yang telah ditandatangani oleh Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah dan Rektor Universitas Semarang pada tanggal 23 Februari 2024, mencakup pembinaan dan pengembangan atlet mahasiswa serta kegiatan bersama untuk pengembangan keolahragaan di Jawa Tengah.

Wakil Rektor III USM Dr Muhammad Junaidi SHI MH, menjelaskan bahwa kerja sama ini adalah bentuk komitmen bersama dalam meningkatkan kualitas olahraga di Indonesia, khususnya di Jawa Tengah. 

"Pelaksanaan kerja sama yang telah diserahkan pada Minggu kemarin merupakan salah satu bentuk pernyataan tertulis bahwa USM dengan Disporapar Jateng  telah membangun suatu bentuk kolaborasi dalam rangka peningkatan masalah olahraga bagi masyarakat yang ada di Indonesia. Hal ini terbukti dari antusiasme peserta yang mengikuti kegiatan olahraga SPECTA Badminton Jateng Open 2024," ungkapnya.

Dr. Junaidi juga menambahkan bahwa USM siap mendukung berbagai kegiatan olahraga, seperti SPECTA Badminton Jateng Open 2024, dan akan terus berpartisipasi dalam program-program yang dapat mengembangkan prestasi olahraga di tingkat provinsi. 

"Ke depannya, akan ada program-program lain yang dapat mengembangkan prestasi olahraga di Jawa Tengah dan membangun pola kemitraan yang dapat meningkatkan peran serta perguruan tinggi, khususnya USM, dalam memberdayakan bidang kepemudaan, olahraga, dan pariwisata  di Jawa Tengah, di Jawa Tengah," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Keolahragaan Disporapar Prov. Jateng, Suci Baskoro Wati, SS, MBus, menyatakan bahwa kerjasama ini merupakan langkah strategis dalam pembinaan dan pengembangan olahraga di Jawa Tengah. 

"Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, khususnya Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata, menjalin kerjasama dengan USM dan bersinergi untuk melakukan pembinaan olahraga serta pengembangan olahraga. Kerja sama ini diharapkan akan berdampak positif, yang bermuara pada meningkatnya prestasi olahraga di Jawa Tengah," katanya. ***

Pewarta : Nur Istibsaroh/ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024