Semarang (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kota Semarang berencana mengalihkan arus lalu lintas di sejumlah jalan protokol seiring dengan digelar Semarang Night Carnival (SNC) 2024, Sabtu (4/5).

Pelaksana Tugas Kepala Dishub Kota Semarang Danang Kurniawan di Semarang, Jumat, mengatakan ruas jalan yang ditutup akan menjadi lintasan peserta defile SNC 2024.

Untuk rute karnaval SNC 2024 akan dimulai dari halaman Balai Kota Semarang, kemudian melewati Jalan Pandanaran, dan berakhir di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang.

"Pengalihan arus lalu lintas di Jalan Pemuda, mulai Paragon hingga Lawang Sewu dimulai pukul 17.00 WIB, sedangkan pengalihan di Jalan Pandanaran akan dimulai pukul 18.00 WIB," katanya.

Selama pergelaran SNC 2024, kata dia, masyarakat yang menggunakan kendaraan diharapkan untuk menghindari ruas Jalan Pemuda, Jalan Pandanaran, dan kawasan Simpang Lima Semarang.

SNC merupakan puncak acara perayaan Hari Jadi Ke-477 Kota Semarang yang menampilkan berbagai kostum unik yang dibawakan oleh berbagai elemen, seperti siswa, mahasiswa, hingga komunitas.

Tema hari jadi Kota Semarang kali ini adalah "Makin Kompak Makin Hebat" yang diharapkan menjadi daya dorong bagi seluruh para pemangku kepentingan untuk makin berbenah menuju Semarang yang semakin hebat.

SNC tahun 2024 ini mengangkat tema "Niscala" yang dalam bahasa Sansekerta berarti kuat dan kokoh, serta menggambarkan kekuatan antara perpaduan yang menyeluruh dari segala aspek kehidupan yang ada di Kota Semarang.

Selain parade defile, SNC turut dimeriahkan oleh penampilan tari kolosal, marching band Akpol, drum band SMP 1 Semarang, disck jockey (DJ), Senopati Band, Nawasena Band, Keroncong Gunung Jati, hingga Wayang on The Street.

Pawai SNC akan dimulai Sabtu (4/5), sekitar pukul 18.00 WIB dengan start dari Balai Kota Semarang menuju Lapangan Simpang Lima dan diperkirakan rangkaian acaranya selesai pada pukul 22.30 WIB.

Ada empat konsep yang akan ditampilkan dalam Semarang Night Carnival kali ini yakni Rewandha, Elang Jawa, Warak Ngendog dan Barongsai yang disesuaikan dengan kebudayaan Kota Semarang.

Bagi masyarakat yang berminat untuk menyaksikan SNC, Danang mengimbau untuk saling menjaga ketertiban dan kenyamanan bersama agar pergelaran SNC dapat berjalan dengan lancar.

Baca juga: HUT Ke-477 Kota Semarang, memadukan unsur tradisional-modern

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024