Magelang (ANTARA) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Magelang, Jawa Tengah, memberikan subsidi kepada pelanggan atau masyarakat berpenghasilan rendah dalam rangka Hari Jadi ke-1.118 Kota Magelang dan Hari Jadi ke-45 PDAM Kota Magelang.

Direktur PDAM Kota Magelang Bambang Pulunggono di Magelang, Kamis, menyampaikan pada prinsipnya PDAM Kota Magelang memberikan potongan pembayaran rekening air sebesar 10 kubik pertama, bisa diasumsikan nilainya Rp33.500.

Ia menyebutkan sekitar 1.148 pelanggan masyarakat yang mendapat potongan harga selama empat bulan mulai Mei 2024.

"Setelah kami lakukan survei di lapangan dengan kondisi dan situasi di pelanggan memang pelanggan ini betul-betul masuk di daftar Desil 1," katanya.

Ia menyampaikan sebelumnya sejak tahun 2021 PDAM Kota Magelang sejak kepemimpinan Wali Kota M. Nur Aziz menggratiskan seluruh tagihan yang ada di tempat ibadah.

"Tidak hanya masjid dan mushala, tetapi di gereja, kelenteng semua tempat ibadah sudah kita gratiskan sejak 2021 sampai sekarang," katanya.

Subsudi bagi pelanggan berpenghasilan rendah ini, katanya, juga salah satu arahan dan petunjuk Wali Kota Magelang untuk bisa sedikit membantu meringankan beban masyarakat berpenghasilan rendah .

Ia menuturkan, kemudian ke depan ada wacana lagi pada akhir tahun, tetapi belum tahu pasti waktunya akan melakukan subsidi bagi pensiunan/veteran, tetapi hal ini baru didesain lebih dulu.

Baca juga: Melihat SPAM Semarang Barat, penopang kebutuhan air Kota Atlas

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024