Batang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang, Jawa Tengah, siap merekrut 819 panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) kelurahan/desa untuk Pilkada 2024.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batang Susanto Waluyo di Batang, Selasa, mengatakan rekrutmen tenaga PPK dan panitia pemungutan suara dilakukan terbuka secara umum.

"Kami akan berusaha bekerja secara profesional dan menyeleksi para calon ini sebaik- baiknya. Kami juga mengimbau masyarakat berpartisipasi dalam seleksi perekrutan PPK dan PPS ini," katanya.

Ia yang didampingi Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia Khikmatun mengatakan penilaian rekrutmen calon PPK dan PPS akan dilakukan pada saat tahapan seleksi.

"Oleh karena itu, kami minta calon peserta jangan takut bahwa yang akan menjadi tenaga PPK dan PPS dari orang lama semua, tidak akan seperti karena hasil seleksi akan dilakukan terbuka," katanya.

Dikatakan, tenaga PPK dibuka pendaftaran untuk 75 orang, dimana akan dipilih 5 orang di masing-masing kecamatan sedang untuk PPS dibutuhkan 3 orang untuk masing desa atau kelurahan.

"Jumlah total tenaga panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara yang dibutuhkan 744 orang untuk 248 desa/kelurahan," katanya.

Menurut dia, pendaftaran untuk tenaga panitia pemilihan kecamatan PPK mulai dibuka pada 23-27 April 2024 dan panitia pemungutan suara mulai 2-6 Mei 2024.

Sesuai Keputusan KPU RI Nomor 476 Tahun 2024, kata dia, sudah diputuskan untuk rekrutmen secara secara.

Baca juga: KPU Surakarta siapkan Badan Adhoc persiapan Pilkada 2024

Pewarta : Kutnadi
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024