Purwokerto (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melalui Komunitas Relawan Psikososial Fakultas Psikologi bekerja sama dengan MDMC Brebes dalam memberikan pendampingan kepada anak-anak yang terdampak bencana tanah bergerak di Dusun Limbangan, Desa Sridadi, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Pendampingan tersebut diberikan dalam rangka pemulihan trauma (trauma healing) atas bencana alam yang dialami anak-anak itu.

Ketua Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) UMP Endiyono menjelaskan bahwa kolaborasi antara MDMC Brebes dan Tim Relawan Psikologi UMP sangatlah penting untuk membantu memulihkan kondisi anak-anak.

"Bencana alam yang terjadi menyebabkan trauma khususnya pada anak-anak dengan dampak emosional yang bervariasi dari jangka pendek hingga jangka panjang. Trauma tersebut seperti rasa cemas dan takut yang berlebihan," katanya.

Baca juga: Mahasiswa FK UMP gelar bakti sosial Ramadhan di Desa Suro

Salah satu upaya yang dilakukan berupa kegiatan pemulihan trauma dengan fokus pada penanganan anak-anak sebagai korban bencana. 

Terapi yang diberikan melalui permainan (terapi bermain) menjadi salah satu teknik yang efektif dalam situasi tersebut.

Salah seorang relawan Psikososial, Octa mengatakan kegiatan diikuti sebanyak 51 anak berusia 4-9 tahun.

"Mereka memiliki antusiasme tinggi untuk mengikuti kegiatan, yang tercermin dari ekspresi wajah mereka yang riang gembira," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua MDMC Brebes Suprapto mengharapkan kegiatan pemulihan trauma tersebut dapat dilakukan secara berkelanjutan dengan pendampingan dari Tim Psikologi UMP.

Dengan demikian, kata dia, anak-anak bisa pulih secara psikologis dan dapat kembali menjalani kehidupan mereka dengan lebih baik. (tgr)

Baca juga: Mapala Satria UMP berikan respons penanganan pascabencana banjir di Demak
Baca juga: UMP bangun kepedulian lingkungan melalui Bukber Go Green
Baca juga: UMP kembali hadirkan International Culinary Festival

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024