Purwokerto (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menjalin kerja sama strategis dengan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, Lampung, guna meningkatkan mutu pendidikan di daerah tersebut. 

Kesepakatan kerja sama tersebut dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan memenuhi kebutuhan masyarakat akan akses pendidikan yang berkualitas.

Rombongan dari UMP yang dipimpin langsung oleh Rektor Assoc Prof Dr Jebul Suroso disambut dengan hangat oleh Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Drs Nukman MM beserta jajaran pejabat dan perwakilan dewan guru dari berbagai sekolah di Lampung Barat.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Lampung Barat Nukman mengapresiasi peran UMP dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. 

Ia menyatakan bahwa kolaborasi antara pemerintah daerah dan perguruan tinggi dapat secara signifikan meningkatkan mutu pendidikan serta menciptakan lapangan kerja.

Baca juga: UMP gelar Kuliah Umum "Penyelesaian Sengketa Ekonomi Syariah di Indonesia"

Ia juga menegaskan kesiapan Pemkab Lampung Barat untuk memberikan dukungan dan fasilitas yang diperlukan guna mendukung kerja sama tersebut. 

Pj Bupati mengharapkan agar rencana kerja sama tersebut dapat membawa pendidikan di Lampung Barat mencapai standar nasional, bahkan internasional, serta menjadikan generasi muda dan masyarakat sebagai sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

Dalam sambutannya, Rektor UMP Assoc Prof Dr Jebul Suroso menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Lampung Barat atas keterbukaan dan dukungan dalam kerja sama di sektor pendidikan. 

Ia menyatakan bahwa kerja sama tersebut menjadi kebanggaan bagi UMP, dan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan sumber daya manusia.

Selama pertemuan, Rektor UMP juga menguraikan beberapa skema kerja sama termasuk program dengan pemerintah daerah yang akan membantu pembiayaan tugas belajar secara keseluruhan. 

Selain itu, terdapat keringanan biaya untuk mahasiswa yang masuk ke kampus UMP. 

Rencana kerjasama ini diharapkan dapat membuka peluang baru dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan memajukan Lampung Barat ke arah yang lebih baik. (*/tgr)

Baca juga: UMP sabet penghargaan Kinerja Penelitian Terbaik di Anugerah LLDIKTI VI Tahun 2023
Baca juga: BIPA UMP gelar lokakarya tingkatan kompetensi pengajar

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024